Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur External Affair Home Credit Indonesia Andy Nahil Gultom

Direktur External Affair Home Credit Indonesia Andy Nahil Gultom

Menuju Kebebasan Finansial, Home Credit Ajak Masyarakat #DoItCerdas

Jumat, 13 November 2020 | 20:13 WIB
Thomas E Harefa (thomas@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Pandemi Covid-19 menjadi perhatian seluruh masyarakat dunia dan telah menyadarkan mereka tentang betapa pentingnya mengelola keuangan. Kendati perusahaan pembiayaan di Tanah Air, termasuk PT Home Credit Indonesia, telah memberikan keringanan pembiayaan kepada masyarakat yang terdampak pandemi, masyarakat mulai memahami tentang pentingnya mengelola dan merencanakan keuangan dengan bijaksana agar tidak terjerat kesulitan keuangan di masa mendatang.

Melalui webinar #DoITCERDAS Workshop: Cara Cakep Atur Keuangan Buat Si Jiwa Pebisnis yang dilaksanakan pada Rabu (28/10/2020), Home Credit Indonesia, perusahaan pembiayaan multiguna berbasis teknologi, mengajak semua kalangan, terutama generasi muda untuk belajar mengenai perencanaan keuangan yang baik agar bisa mencapai kebebasan finansial yang diinginkan.

Literasi dan perencanaan keuangan memang merupakan kebutuhan dasar bagi semua orang. Namun, kesadaran masyarakat Indonesia terhadap literasi keuangan saat ini masih tergolong rendah. Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2019 menyebutkan bahwa indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia baru mencapai 38,03%. Artinya, masih ada sekitar 61,97% masyarakat yang belum terliterasi.

Direktur External Affair Home Credit Indonesia Andy Nahil Gultom mengatakan, literasi keuangan sangat penting agar masyarakat bisa mengatur keuangan dengan mudah, sehingga dapat meraih tujuan yang diinginkan dengan sumber daya (uang) yang kita miliki. Menurut Andy, ada beberapa prinsip yang harus dipegang untuk bisa menuju pada kebebasan finansial.

Prinsipnya ada tiga hal. Pertama, menentukan financial goals, karena tanpa tujuan keuangan, kita tidak akan termotivasi. Kedua, mencatat semua pemasukan dan pengeluaran sebagai kebiasaan sehari-hari. Ketiga, menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi, sebagai bentuk aksi nyata.

“Dengan kata lain, kita harus mendisiplinkan diri kita dengan tujuan keuangan yang sudah kita buat, dan melakukan eksekusi dengan jelas melalui tabungan dan investasi,” terang Andy dalam keterangan tertulis, Jumat (13/11/2020).

Andy juga menekankan tentang betapa pentingnya menyusun anggaran keuangan dengan bijak dalam kehidupan sehari-hari. “Rumus yang bisa diingat adalah 4-3-2-1, yaitu 40% untuk biaya hidup, 30% untuk investasi, 20% untuk cicilan, dan 10% untuk amal. Ini adalah rumus yang ideal yang bisa diterapkan. Bagi yang memiliki cicilan, jadilah peminjam yang bertanggung jawab, kuncinya adalah fokus pada kebutuhan sebelum memenuhi keinginan,” ujar Andy.

 

Bagikan Tips

Dalam webinar tersebut, content creator Rachel Goddard juga ikut memberikan tips untuk masyarakat atau generasi muda yang ingin mencapai kebebasan finansial. Rachel menceritakan bahwa untuk bisa mencapai kebebasan finansial, tidak bisa berharap pada satu sumber pemasukan, tetapi harus dari berbagai sumber, salah satunya melalui membuka usaha.

“Dari kecil aku enggak pernah malu untuk jualan, dari SD aku sudah jualan macam-macam, mulai dari jualan bantal yang terbuat dari kain flannel, berjualan pembatas buku, dan sebagainya. Menurutku, untuk mencapai financial goals, itu harus dari berbagai sumber, dari bisnis, investasi, dan sebagainya,” cerita Rachel.

Menurut Rachel, bisnis atau usaha harus dijalankan dengan serius dan dengan perencanaan yang matang. Bagi masyarakat yang baru ingin membuka usaha atau bisnis, Rachel mengatakan bahwa ada 4 kunci yang harus dipegang untuk bisa sukses menjalankan bisnis, yaitu 4P (product, price, promotion dan place).

“Keempat hal tersebut harus dipertimbangkan. Product, kita harus memilih produk yang kita suka dan memang kita tahu. Kemudian, price juga jangan terlalu mahal, harus disesuaikan dengan targetnya. Begitu juga dengan place atau lokasi, itu harus strategis. Yang terakhir adalah promosi, ini menjadi hal yang paling penting. Media sosial sangat membantu aku untuk promosi. Sekali lagi jangan pernah malu untuk berjualan,” jelas Rachel.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN