Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Fitur baru Tanamduit

Fitur baru Tanamduit

Tanamduit Bagikan 3 Tips Investasi untuk Capai Kebebasan Finansial

Sabtu, 17 Juli 2021 | 11:11 WIB
Lona Olavia

JAKARTA - Bebas secara finansial merupakan salah satu impian yang didambakan oleh hampir semua orang. Kebebasan finansial atau financial freedom dapat dipahami sebagai suatu kondisi saat seseorang memiliki pendapatan yang mencukupi semua kebutuhan hidupnya, tanpa perlu aktif bekerja lagi.

Pendapatan bulanan seseorang yang bebas secara finansial biasanya datang dari passive income berupa hasil bisnis, investasi, dan aset simpanan lain yang menghasilkan. Meskipun begitu, kebebasan finansial hanya akan jadi angan-angan kalau tidak dipersiapkan.

Tanamduit sebagai plaform digital investasi yang menawarkan berbagai jenis produk keuangan, seperti reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN) ritel dan emas fisik dan digital, serta produk asuransi mengimbau masyarakat untuk belajar berinvestasi. Investasi menjadi kunci untuk mempersiapkan kebebasan finansial. 

“Kami memahami bahwa ada beberapa alasan yang mendasari masyarakat untuk berpikir dua kali dalam mulai berinvestasi, sehingga tanpa sadar melupakan manfaat-manfaat besar dari investasi itu sendiri, diantaranya mempersiapkan dana darurat, dana pensiun, hingga kebebasan finansial yang jadi cita-cita banyak orang,” pungkas Co-Founder & Managing Director Tanamduit Rini Hapsari dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/7).

Tanamduit pun membagikan tiga tips diversifikasi. Pertama, kenali profil risiko investasi. Mengenali profil risiko sangat penting agar kamu tidak salah pilih produk investasi ketika memulai atau melakukan diversifikasi. Misalnya, profil risiko investasi konservatif, artinya toleransi terhadap risiko investasi cukup rendah. Jika begitu, investor bisa melakukan diversifikasi investasi dengan memperbanyak porsi di produk investasi yang risikonya rendah seperti reksa dana pasar uang atau Surat Berharga Negara (SBN).

Kedua, sesuaikan dengan tujuan dan jangka waktu investasi. Selain mengenali profil risiko, investor dapat menyesuaikan diversifikasi investasi berdasarkan tujuan investasi yang telah direncanakan. Misalnya, jangka waktu berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan masih cukup panjang maka bisa memperbanyak porsi investasi di produk reksa dana saham. ”Meskipun begitu, jangan lupa juga persiapkan dana darurat dengan menginvestasikan uangmu pada produk investasi risiko rendah agar mudah dicairkan,” kata Rini.

Ketiga, tentukan besarnya kebutuhan dari masing-masing tujuan keuangan. ”Tidak kalah penting, setelah memahami profil risiko dan menetapkan tujuan investasi kamu, tentukan juga target dana yang ingin kamu capai serta berapa lama waktu untuk mencapainya. Jika target dana dan waktu sudah ditentukan, hal ini akan memudahkan kamu untuk mengatur alokasi diversifikasi investasi,” tambah Rini.

Lebih lanjut, untuk mendukung kebebasan finansial, platform yang dimiliki oleh Mercato Digital Asia ini pada 15-21 Juli 2021 ini menggelar kampanye ShopeePay Super Online Deals dengan cashback hingga 100% dengan menggunakan pembayaran digital ShopeePay.

Editor : Frans (ftagawai@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN