Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
virtual press conference Financial Fitness #TAYTB Show Special Edition

virtual press conference Financial Fitness #TAYTB Show Special Edition

Tiga Langkah Besar Bagi Kaum Muda Membangun Generasi Financially Fit

Senin, 15 Maret 2021 | 16:24 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Saat ini banyak kaum muda yang masih belum bisa mengatur keuangan mereka. Akhirnya tak sedikit yang malah kesulitan keuangan.

Untuk itu, setidaknya ada tiga langkah besar yang harus dibenahi bagi para kaum muda untuk memiliki kondisi finansial yang fit atau disebut dengan financially fit. Apa sajakah itu?

Ka Jit, direktur Bank OCBC NISP mengatakan, berdasarkan Survei Indeks Literasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan, masyarakat Indonesia masih memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah, dengan indeks literasi 38,03% dari total populasi. Dengan demikian ada tiga permasalahan finansial yang perlu dibenahi agar menjadikan masyarakat yang financially fit, yaitu pengetahuan, kebiasaan, dan mindset.

“Kami menyadari bahwa membangun generasi financially fit diperlukan langkah besar, mulai dari meningkatkan pemahaman dasar finansial (knowledge), memperbaiki kebiasaan manajemen keuangan yang salah (behaviour) dan meluruskan mindset terkait finansial yang keliru agar mereka dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat (attitude),” ungkap Ka Jit di sela virtual press conference Financial Fitness #TAYTB Show Special Edition, Senin (15/3/2021).

Menurut Ka Jit, tentang pengetahuan yang sering terjadi adalah pemahaman yang kurang terkait konsep dasar finansial menyebabkan banyak masyarakat mengambil keputusan finansial yang kurang tepat, misalnya investasi mengikuti tren tanpa punya pemahaman dasar, pemahaman kapan waktu yang tepat untuk mempersiapkan dana darurat, proteksi atau investasi.

Hal kedua adalah mengenai kebiasan manajemen finansial yang kurang tepat dan terbawa lifestyle kekinian, misalnya tergoda ajakan diskon, membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan dengan cara kredit. Terakhir, mindset keuangan yang kurang tepat, misalnya perencanaan keuangan itu cuma buat orang kaya, karena biaya konsultasinya itu mahal atau perencanaan keuangan itu sulit, bahkan menganggap pendapatannya tidak bisa disisihkan untuk tabungan atau investasi.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya menghadirkan solusi Financial Fitness by Nyala OCBC NISP guna memberdayakan generasi Indonesia agar memiliki kondisi financially fit, menggeser mindset dari getting rich menjadi getting fit. Karena menjadi kaya (rich) itu relatif atau tidak bisa diukur, sedangkan menjadi seseorang yang memiliki kondisi financially fit itu ada pengukurannya, mulai dari tabungan, dana darurat, proteksi sampai dengan investasi.

“Solusi finansial fitness ini lebih dari sekedar produk keuangan, ini merupakan solusi terintegrasi yang menghadirkan program pendampingan mulai dari Nyala Financial Fitness Squad, Komunitas Ruang meNYALA, platform edukasi www.ruangmenyala.com dan Ruang MeNYALA Financial Fitness Gym,” papar dia.

Financial Fitness Director Nyala OCBC NISP Deddy Corbuzier menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi Bank OCBC NISP yang segera mengambil tindakan nyata dalam mendorong generasi Indonesia lebih melek keuangan dengan fokus kepada getting fit before getting rich.

Bersama Financial Fitness Squad, Deddy pun mengajak generasi Indonesia sadar akan pentingnya menjadi financially fit. “Sama seperti program kebugaran fisik, bugar secara finansial juga membutuhkan disiplin, komitmen dan persistensi dalam berjuang mengubah cara kita mengelola keuangan yang didukung dengan latihan, general check-up, serta bimbingan dari coach/trainer,” jelas dia.

 

 

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN