Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi uang. Foto: Pixabay

Ilustrasi uang. Foto: Pixabay

Untung Rugi Belanja Elektronik Pakai Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Jumat, 18 Desember 2020 | 20:29 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Perkembangan teknologi memiliki peranan cukup besar dalam mempengaruhi kehidupan masyarakat. Bahkan, bisa dibilang gaya hidup masyarakat selalu berubah mengikuti perubahan zaman. Contoh paling sederhana adalah ketergantungan masyarakat akan produk elektronik dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Tidak hanya untuk memudahkan rutinitas harian, produk elektronik juga banyak digunakan untuk menunjang pekerjaan maupun hobi. Sebagai contoh, seorang graphic designer pasti memerlukan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang cukup bagus agar profesinya dapat dijalankan dengan optimal.

Contoh lain adalah fotografer yang tentu memerlukan perangkat kamera dan lighting yang canggih agar foto yang dihasilkan layak untuk dijual. Tanpa memiliki produk elektronik yang memadai, bukan tidak mungkin masyarakat dengan profesi tersebut akan kehilangan mata pencaharian. Demikian keterangan yang diterima, Jumat (18/12).

Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan produk elektronik yang diinginkan, dana yang dibutuhkan tidak sedikit. Butuh waktu tidak sebentar agar bisa membeli barang elektronik impian secara tunai. Untuk menyiasati masalah tersebut, tak jarang masyarakat yang memanfaatkan layanan cicilan tanpa kartu kredit online yang memiliki syarat pengajuan simpel.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan tersebut, Anda perlu memahami apa sajakah keuntungan dan kerugian menggunakan fasilitas tersebut. Anda tentu tidak mau kan, merasa dirugikan karena terlanjur salah memilih produk pinjaman saat membeli produk elektronik yang mahal? Untuk itu, simak ulasan mengenai untung rugi manfaatkan cicilan tanpa kartu kredit untuk membeli produk elektronik berikut ini. 

1. Keuntungan Membeli Produk Elektronik Pakai Cicilan Tanpa Kartu 

Layanan cicilan tanpa kartu kredit pada dasarnya banyak digunakan masyarakat untuk bertransaksi karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkannya. Dalam kasus membeli produk elektronik, beberapa keuntungan cicilan tanpa kartu kredit meliputi:

- Proses Pengajuan yang Ringkas

Tak butuh waktu lama agar pengajuan layanan cicilan tanpa kartu kredit bisa diterima dan disetujui oleh pihak kreditur. Bahkan, di beberapa layanan, proses pengajuan hingga verifikasi hanya memerlukan waktu beberapa jam saja. 

Hal ini tentu bertolak belakang dengan layanan kartu kredit yang biasanya memerlukan waktu paling tidak sehari agar pengajuan layanan disetujui. Jadi, jika dibutuhkan di saat yang mendesak, layanan cicilan tanpa kartu kredit ini bisa menjadi satu-satunya solusi membeli produk elektronik secara kredit.


- Persyaratan Ringan

Sudah menjadi rahasia umum jika cicilan tanpa kartu kredit memiliki syarat pengajuan yang ringan. Bahkan, di beberapa layanan, syarat pengajuannya hanya perlu menunjukkan KTP saja. Jadi, tidak mengherankan jika banyak konsumen yang tertarik untuk memanfaatkan layanan ini saat ingin membeli barang elektronik dengan harga selangit. 

- Tanpa Limit Pengambilan Cicilan dan BI Checking

Limit cicilan dan ketatnya proses BI Checking membuat tak sedikit orang yang kesulitan memanfaatkan produk pinjaman. Nah, pada layanan cicilan tanpa kartu kredit, kedua hal tersebut umumnya dihilangkan dan membuat siapa saja bisa mengajukannya. 

- Potensi Promosi

Terakhir, dengan semakin ketatnya persaingan di industri tersebut, tak jarang penyedia layanan cicilan tanpa kartu kredit yang menawarkan promosi guna menarik minat konsumen. Dengan adanya promo diskon atau cashback, tentu pengeluaran besar saat membeli produk elektronik yang mahal akan terasa lebih terjangkau. Jadi, transaksi pun menjadi lebih menguntungkan. 

2. Kerugian Membeli Produk Elektronik Pakai Cicilan Tanpa Kartu

Memberikan banyak keuntungan, bukan berarti cicilan tanpa kartu kredit bisa digunakan secara sembarang. Beberapa kekurangan cicilan tanpa kartu saat digunakan untuk membeli barang elektronik tentu harus dipertimbangkan dengan matang, seperti:

- Tetap Harus Membayar Uang Muka

Banyak yang belum tahu, pembelian produk elektronik memakai fasilitas cicilan tanpa kartu seringkali tetap mengharuskan konsumen membayar DP atau uang muka. Nominalnya pun beragam, mulai dari 10 hingga 20 persen dari harga barang. Oleh karena itu, pastikan isi tabungan cukup untuk membayar uang muka dan melunasi cicilannya setiap bulan.  

- Risiko Kalap dan Meningkatkan Pengeluaran

Karena seringkali tidak memiliki limit kredit, layanan cicilan tanpa kartu kredit memiliki risiko cukup tinggi dalam membuat penggunanya kalap saat berbelanja. Jika terlanjur terjadi, sudah pasti pengeluaran akan melonjak. Alhasil, keuangan akan kewalahan untuk membayar semua tagihan cicilan tanpa kartu kredit. 

- Suku Bunga Relatif Tinggi 

Segala kemudahan dan kepraktisan pengajuan layanan cicilan tanpa kartu kredit ternyata harus dibayar dengan beban bunga yang terbilang tinggi, terlebih jika dibandingkan dengan kartu kredit. Meski begitu, asal menggunakan layanan yang legal dan terpercaya, jangan takut pada beban bunga yang mencekik.

Pasalnya, meski lebih tinggi, bunga yang diberikan oleh penyedia cicilan tanpa kartu kredit masih diatur oleh Bank Indonesia dan OJK. Jadi, asal digunakan dengan tepat dan sesuai kebutuhan, tingginya bunga cicilan tanpa kartu kredit tidak akan terlalu berisiko membuat penggunanya kesulitan melunasi tagihannya.

Pesatnya inovasi dan perkembangan teknologi pada barang elektronik membuat nilai susut pada produk tersebut sangatlah cepat. Jika dicicil dengan tenor yang panjang, Anda tentu akan merasa dirugikan karena muncul produk elektronik lain dengan teknologi lebih canggih dan harga lebih terjangkau. Oleh karena itu, agar nilai aset tetap ideal, usahakan untuk tenor cicilan produk elektronik selama 1 hingga 6 bulan saja.



 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN