Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama jajaran pengurus partai memberikan penjelasan kepada wartawan yang hadir mengenai kondisi internal Partai Demokrat, di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (1/2/2021). Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama jajaran pengurus partai memberikan penjelasan kepada wartawan yang hadir mengenai kondisi internal Partai Demokrat, di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (1/2/2021). Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

AHY Buat Elektabilitas Demokrat Meningkat

Selasa, 21 Juni 2022 | 21:03 WIB
Yustinus Paat (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id –Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra bersyukur dengan hasil survei Litbang Kompas, yang menempatkan Partai Demokrat pada urutan tiga besar dengan elektabilitas sebesar 11,6%. Dia menilai, hasil tersebut tidak terlepas dari kepemimpinan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang lebih kolaboratif, terbuka dan menggunakan pendekatan terukur berbasis data.

"Ada tiga kunci kenaikan elektabilitas Partai Demokrat, pertama karena kepemimpinan Ketum AHY yang lebih kolaboratif, terbuka, dan menggunakan pendekatan terukur berbasis data membuat setiap gerak langkah yang diambil Demokrat sesuai dengan harapan publik," ujar Herzaky dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/6/2022).

Dia menerangkan, Partai Demokrat, konsisten menyuarakan aspirasi masyarakat terkait kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat. Kebijakan tersebut disampaikan secara terintegrasi di ruang publik, baik di parlemen pusat maupun daerah.
 
Alasan kedua, tutur Herzaky, konsolidasi organisasi yang dilakukan oleh AHY juga membuahkan hasil positif. Menurut dia, soliditas partai semakin terjaga dan kebersamaan serta loyalitas kader semakin terbentuk.
"Kesatuan gerak langkah organisasi Partai Demokrat di berbagai tingkatan sebagai buah konsolidasi ini pun, memudahkan Demokrat mendekatkan diri dengan rakyat dan melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi rakyat," ungkap dia.

Alasan ketiga, lanjut dia, intensitas dan konsistensi Partai Demokrat dalam membantu rakyat secara masif saat menghadapi kesulitan selama masa pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir ini. Langkah-langkah Partai Demokrat merupakan program konkrit yang sangat menyentuh dan bermanfaat langsung bagi rakyat.
 
"Dengan hasil survei ini tidak akan membuat Demokrat jumawa namun justru akan membuat para kader Demokrat semakin giat dalam mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi rakyat khususnya dalam hal perubahan dan perbaikan, karena harapan rakyat adalah perjuangan Demokrat," pungkas Herzaky.

Baca juga: AHY Ingin Pilpres 2024 Diikuti 3 Paslon Capres-Cawapres

Dalam hasil survei Litbang Kompas yang dirilis pada Selasa (21/6/2022), tiga besar elektabilitas partai politik ditempati oleh PDIP 22,8%, Gerindra 12,5%, dan Demokrat 11,6 %. Adapun peringkat selanjutnya diduduki oleh Golkar 10,3%, PKB 5,4%, PKS 5,4%, Nasdem 4,1%, PAN 3,6%, dan PPP 2%.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 26 Mei-4 Juni 2022 terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis di tingkat 34 provinsi Indonesia. Margin of error +-2,8% dengan tingkat kepercayaan metode ini 95%.

Litbang Kompas sendiri melakukan survei secara berkala. Berdasarkan survei tersebut pada Oktober 2021, elektabilitas Demokrat masih di 5,4 %. Sedangkan survei di bulan Januari 2022, Demokrat menembus dua digit, yaitu 10,7 %. Dan kini, Demokrat naik kembali mencapai 11,6 %. Hal ini menunjukkan elektabilitas Demokrat meningkat secara konsisten selama setahun terakhir.

Baca juga: Besok, Jokowi Akan Kunjungi IKN Bersama Forum Pemred

Editor : Leonard (severianocruel@yahoo.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN