Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tangkapan layar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pengarahan pers yang diikuti dari Jakarta, Rabu (22/6/2022). (FOTO: ANTARA/Aria Cindyara)

Tangkapan layar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pengarahan pers yang diikuti dari Jakarta, Rabu (22/6/2022). (FOTO: ANTARA/Aria Cindyara)

Presiden akan Kunjungi Ukraina dan Rusia, Temui Pemimpin Kedua Negara

Rabu, 22 Juni 2022 | 12:51 WIB
Grace El Dora (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Presiden RI Joko Widodo akan melakukan kunjungan ke ibu kota Ukraina dan Rusia, yakni Kyiv dan Moskow. Presiden akan bertemu dengan pemimpin masing-masing negara, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pada pengarahan pers yang diikuti dari Jakarta pada Rabu (22/6), Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan bahwa kunjungan tersebut akan dilakukan sebagai bagian dari rangkaian kunjungan Presiden ke luar negeri pada akhir Juni 2022. Kunjungan dilakukan dalam situasi yang masih sangat kompleks.

Hal itu terkait dengan peperangan yang masih berlangsung di Ukraina.

Baca juga: Fed Diperkirakan Naikkan Suku Bunga 75 Bps Juli, 50 Bps September

“Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai presiden G20 dan salah satu anggota champion group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk oleh Sekjen PBB (sekretaris jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa), Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam,” papar Menlu, Rabu.

Dia menambahkan bahwa Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang melakukan kunjungan ke dua negara tersebut, sejak pemimpin Rusia melancarkan apa yang disebutnya operasi khusus di Ukraina.

Menurut Retno, kunjungan Presiden merupakan cerminan kepedulian terhadap kemanusiaan serta upaya memberikan kontribusi untuk menangani dampak yang dirasakan oleh berbagai negara di dunia akibat peperangan tersebut.

“Mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampaknya dirasakan oleh semua negara, terutama negara berkembang dan negara berpenghasilan rendah,” ujarnya.

Selain itu, kunjungan tersebut juga sebagai upaya untuk mendorong semangat perdamaian.

Baca juga: Ekonom Gedung Putih Prihatin Tentang Resesi, Tetapi Ekonomi Kuat

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia akan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan ke beberapa negara.

Sebelum mengunjungi kedua negara tersebut, Presiden akan melakukan kunjungan ke Jerman untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G7 sebagai negara mitra.

Usai berkunjung ke ukraina dan Rusia, Jokowi kemudian dijadwalkan berangkat ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) untuk membahas kerja sama ekonomi.

Editor : Grace El Dora (graceldora@gmail.com)

Sumber : ANTARA

BAGIKAN