Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia. (Foto: Beritasatu.com)

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia. (Foto: Beritasatu.com)

Sri Mulyani: Tjahjo Kumolo Selalu Dukung Cara Kerja ASN yang Modern

Sabtu, 2 Juli 2022 | 06:42 WIB
Triyan Pangastuti (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan rasa turut berduka cita atas wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN RB) Tjahjo Kumolo. Ia mengenal sosok pribadi almarhum sebagai kolega yang luar biasa dan selalu mendukung upaya perubahan maupun cara kerja aparatur sipil negara (ASN) yang lebih modern.

"Tentu kita semuanya sangat berduka cita atas meninggalnya kawan satu kabinet, Pak Tjahjo Kumolo. (Beliau) seorang teman dan seorang kolega yang luar biasa, sangat atentif memberikan perhatian, responsif terhadap kebutuhan negara ini," ungkap Sri Mulyani di Gedung DPR, Jumat (1/7/2022).

Advertisement

Tjahjo Kumolo wafat pada Jumat (1/7) di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, pukul 11.10 WIB. Setelah disemayamkan di rumah duka dan kemudian disalatkan di Masjid Quba, Kemenpan-RB, pada hari yang sama almarhum dimakamkan di TMP Kalibata.

Menurut keterangan dari pihak keluarga, Tjahjo memang sempat dirawat di rumah sakit sejak 20 Juni 2022 silam. Disebutkan, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan periode 2010-2015 ia menderita infeksi yang menjalar hingga paru-parunya.

Selama 8 tahun di kabinet, Sri Mulyani dan Tjahjo sering menjalani program kerja bersama, baik saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) maupun setelah menjabat sebagai Men-PAN RB.

"Beliau itu orangnya luar biasa sangat antentif. Bagi, kami dulu waktu sebagai partner di Kementerian Dalam Negeri di dalam mendukung pengelolaan anggaran terutama yang disalurkan ke pemerintah daerah, Pak Tjahjo sangat responsif. Kami bersama-sama dengan Kementerian Keuangan dengan Kementerian Dalam Negeri menjaga pelaksanaan tugas-tugas kami bersama," jelas dia.

Pada saat pindah ke Kemen-PAN RB, kata Sri Mulyani, Tjahjo juga tetap konsisten di dalam mendukung reformasi birokrasi, mempromosikan berbagai peraturan-peraturan untuk perbaikan dari sisi tata kelola, juga dari sisi reward dan punishment ke ASN.

Tak hanya itu, di saat pemerintah tengah menghadapi pandemi, beliau juga sangat mendukung perubahan dan cara kerja untuk ASN yang lebih modern dan update, dalam hal ini termasuk flexible working hour.

Sri Mulyani menegaskan, bahwa almarhum telah memberikan banyak peran dalam mengubah cara kerja ASN. Saya sangat kehilangan Pak Tjahjo karena selama ini banyak sekali memberikan terhadap reform-reform yang kami lakukan dan juga komitmennya yang luar biasa waktu menyampaikan dan mencoba membangun tata kelola, baik di Kementerian Dalam Negeri atau Kemen-PAN-RB," pungkas dia.

 

 

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN