Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ridwan Kamil.  Foto: BeritaSatu Photo/Danung Arifin

Ridwan Kamil. Foto: BeritaSatu Photo/Danung Arifin

LSI Denny JA: 15 Capres Masuk Radar 2024

B1, Rabu, 3 Juli 2019 | 07:20 WIB

JAKARTA, investor.id - Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (LSI Denny JA) menilai, ada 15 calon presiden yang terpantau radar untuk Pilpres 2024. Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar menjelaskan, pihaknya membuat tiga kriteria capres 2024.

Pertama, memiliki tingkat pengenalan di atas 25%. Kedua, berasal dari empat sumber rekruitmen yakni jabatan pemerintahan pusat, dari ketua umum partai politik, dari kepala daerah (gubernur/walikota/bupati), dan keempat, berasal dari profesional, swasta atau Ormas.

Presiden sebelumnya berasal dari kalangan ini hanya Presiden Abdurahman Wahid. Sedangkan kriteria ketiga, capres memiliki potensi (penilaian subjektif tim LSI).

Dari tiga kriteria tersebut, LSI memetakan sejumlah tokoh yang berpeluang sebagai capres pada Pilpres 2024. Pertama, tokoh yang muncul dari sumber rekruitmen jenjang pemerintahan daerah. Dari sumber rekruitmen ini, LSI Denny JA menyimpulkan ada empat tokoh yang potensial yaitu Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), dan Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur).

khofifah
khofifah

 

Selain popularitas, empat tokoh politik ini adalah kepala daerah dari empat provinsi dengan populasi terbanyak di Indonesia.

“DKI Jakarta meskipun populasi pemilihnya tidak sebanyak ketiga daerah lain, namun kepala daerah di Jakarta punya kesempatan ekpose media yang lebih banyak dibanding daerah lain,” ujar Rully dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (2/7)

Kedua, jenjang pimpinan partai politik. LSI Denny JA menyimpulkan ada enam tokoh politik yang berpeluang menjadi capres dari sumber rekruitmen pimpinan partai politik. Enam tokoh tersebut adalah Prabowo Subianto (Gerindra), Sandiaga Uno (PAN), Airlangga Hartarto (Golkar), Agus Harimurti Yudhoyono (Demokrat), Puan Maharani (PDIP), dan Muhaimin Iskandar (PKB).

Ketiga, jenjang jabatan pemerintahan. Dari sumber rekruitmen ini, LSI Denny JA menyimpulkan bahwa ada 4 (empat) tokoh yang berpeluang menjadi capres 2024. Keempat tokoh tersebut adalah antara lain; Sri Mulyani (Menteri), Budi Gunawan (Kepala BIN), Tito Karnavian (Kapolri), dan Gatot Nurmantyo (Mantan Panglima TNI).

Keempat, kata Rully, adalah faktor kejutan. Tokoh yang masuk kategori ini adalah tokoh yang saat ini belum muncul menjadi capres potensial di Pilpres 2024 dari semua sumber rekruitmen. Namun kategori ini perlu dimasukkan karena pengalaman Pilpres 2014.

“Pilpres 2024 masih lima tahun lagi. Namun, pilpres yang tidak akan diikuti oleh petahana, mengharuskan semua capres potensial untuk segera pasang “kuda- kuda”, dan berkampanye lebih awal,” tutur dia.  

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA