Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Cashless Society di Hunian Vertikal

Senin, 5 Maret 2018 | 01:47 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

JAKARTA - Setelah empat bulan melakukan uji coba, Inner City Management, perusahaan pengelola apartemen terbesar di Indonesia, secara resmi meluncurkan uang elektronik (e-money) berbasiskan kartu akses (access card) bagi penghuni apartemen. Layanan terbaru ini diharapkan dapat memberikan pengalaman lebih kepada para penghuni apartemen yang dikelola Inner City.

 

Layanan ini juga diharapkan dapat mendorong pengembangan cashless society yang digagas pemerintah melalui Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT). Sampai saat ini, Inner City mengelola sekitar 50 site apartemen di berbagai daerah dengan jumlah kelolaan lebih dari 150.000 unit.

 

Direktur Utama Inner City Management, Bambang Setiobudi Madja mengatakan, dalam menerbitkan e-money berbasiskan kartu akses apartemen ini, pihaknya menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI). Pemilihan BRI sebagai mitra dikarenakan BRI merupakan lembaga keuangan di Indonesia yang telah memiliki izin penerbitan e-money.

 

Selain itu, dengan jaringan yang luas, BRI dapat menjangkau site-site dan penghuni apartemen yang dikelola Inner City dimanapun berada. Hal ini akan memudahkan penghuni dalam melakukan penambahan (top up) saldo maupun bertransaksi melalui kartu akses.

 

“Di hari jadi yang ke-12 ini, kami sangat bangga dapat memberikan tambahan layanan kepada para penghuni apartemen yang kami kelola. Inti dari semua ini adalah untuk meningkatkan layanan kami,” ujar Bambang dalam publikasinya terkait HUT Inner City ke-12 di Mal Seasons City, Jakarta Barat, Jumat (2/3).

 

Menurut dia, e-money berbasiskan kartu akses penghuni apartemen merupakan salah satu dari program cashless society yang dicanangkan Inner City. Selain e-money, ke depan Inner City juga akan meluncurkan aplikasi untuk para penghuni (tenancy applications). Melalui aplikasi tersebut penghuni dapat mengecek tagihan, membayar Iuran Pengelola Lingkungan (IPL), membayar tagihan air, listrik, langganan parkir, internet, dan telepon. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk booking fasilitas apartemen, meminta jasa pencucian (laundry), order makanan dari kios, serta masih banyak lainnya.

 

Melalui aplikasi itu, penghuni juga akan mendapatkan informasi-informasi penting di sekitar kawasan apartemen. Untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut, penghuni harus melakukan pairing atau mencocokkan kartu akses penghuni ke dalam aplikasi.

 

“Jadi antara kartu akses dan aplikasi ini saling berkaitan, sehingga terbentuk cashless society,” tutur Bambang.

 

Setelah Apartemen Seasons City di Jakarta Barat, Inner City akan menerapkan kartu akses penghuni sebagai e-money ke site apartemen lain secara bertahap. Saat ini apartemen kelolaan Inner City tersebar di Jakarta, Bekasi, Bandung, Batam, Balikpapan, dan Medan. (ed)

 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN