Menu
Sign in
@ Contact
Search

Rumah Tahan Gempa Ala Savasa

Minggu, 16 September 2018 | 19:27 WIB
Oleh Euis Rita Hartati (redaksi@investor.id)

JAKARTA - Panasonic Homes Gobel Indonesia (PHGI), pengembang perumahan Jepang milik Panasonic Group, berkolaborasi dengan Sinar Mas Land melalui anak perusahaannya PT. Puradelta Lestari, Tbk. (PDL), mengembangkan proyek hunian Savasa di Kota Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Desain yang diterapkan menggabungkan unsur lingkungan hijau, kehidupan modern, fitur smart living, dan teknologi bangunan tahan gempa.

 

“Savasa merupakan terobosan inovasi terkini dalam menciptakan hunian secara ringkas, efisien tetapi memiliki konstruksi bangunan tahan gempa yang kokoh melalui teknologi Powertech Panasonic,” kata President Director PT. Puradelta Lestari, Tbk (PDL) sekaligus CEO Commercial Sinar Mas Land Hongky Jeffry Nantung, saat meluncurkan Marketing Gallery dan Show Unit Savasa melalui Upacara Pemotongan Pita di Cikarang, Minggu (16/9).

 

Menurut dia, melihat perkembangan pesat kawasan Cikarang dan sekitarnya belakangan ini, terutama dengan ditunjuknya Kota Deltmas secara resmi sebagai lokasi Cikarang Japanese School, memberikan keyakinan akan pentingnya menyediakan perumahan yang berkualitas dengan standar Jepang di wilayah ini.

 

“Untuk mencapai itu semua, kami bekerjasama dengan Panasonic Homes, yang telah memiliki pengalaman luas dalam mengembangkan kota pintar seperti Fujisawa SST yang sangat sukses di Jepang untuk membangun 37 hektar produk hunian premium di lahan kami. Sinar Mas Land selalu berkomitmen untuk terus berinovasi, menyediakan pilihan hunian terbaik dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia," paparnya.

 

Kazuhiko Tanaka, President Director PT PanaHome Deltamas Indonesia (PHDI), yang juga menjabat sebagai President Director PT Panasonic Homes Gobel Indonesia, menambahkan bahwa Panasonic Homes memiliki 54 tahun pengalaman dalam membangun lebih dari 490.000 rumah di Jepang.

 

“Kami telah menerapkan teknologi perumahan kami di Taiwan, Malaysia dan sekarang di Indonesia. Kami percaya teknologi Wall-Precast Concrete (W-PC) kami yang khas dapat membantu memberikan solusi untuk backlog 13 juta rumah di Indonesia, karena kami dapat mempersingkat masa konstruksi setidaknya tiga bulan sambil mempertahankan kualitas yang terbaik. Bersama dengan Sinar Mas Land, kami bertujuan untuk mencapai pembangunan kota yang berkelanjutan yang mempertimbangkan kelestarian dan keselamatan lingkungan, serta menyediakan perumahan klaster berkualitas tinggi untuk masyarakat Indonesia," jelasnya.

 

Sementara itu, Presiden Komisaris Group Panasonic Gobel Rachmat Gobel mengaku banyak pihak yang mempertanyakan mengapa pihaknya terjun ke dunia properti yang saat ini kondisinya kurang baik. Namun, pihaknya memiliki alasan tersendiri yang kuat.

 

“Indonesia adalah negara besar, dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5%.Pemerintah juga sangat komit dalam pengembangan dan pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan MRT yang akan tuntas tahun depan, rencana pembangunan Pelabuhan Patimban dan lainnya. Kami tidak melihat kondisi sekarang, tapi prospek jangka panjang. Jadi, menurut kami ini saat yang tepat membangun perumahan, karena ke depan ekonomi Indonesia akan tumbuh makin pesat. Kami optimistis,”jelas Rachmat,

 

Kepemilikan proyek dibagi sebesar 49% kepada PT. Puradelta Lestari Tbk, Sojitz Corporation dan lainnya, sisanya 51% kepada Panasonic Group (Panasonic Homes). Kedua perusahaan tersebut membentuk perusahaan joint venture bernama PT. PanaHome Deltamas Indonesia (PHDI) pada bulan November lalu, dan akan mengembangkan proyek hunian yang mencakup total area yang direncanakan seluas 37 hektar. Kedua perusahaan ini telah mengucurkan investasi sebesar Rp 360 miliar untuk pembelian dan pengembangan lahan di tahap pertama.

 

Pengembangan Savasa akan dibagi dalam 3 tahap, dimana pengembangan tahap pertama akan dilakukan di area seluas 13 hektar. Pengembangan tahap pertama terdiri dari 811 rumah dan 33 ruko yang akan terbagi ke dalam 4 klaster: Asa, Niwa, Hana, dan Yuta.

 

Savasa hadir dengan dua tipe rumah, yaitu Tipe A dan Tipe B. Tipe A, dengan luas tanah 66 m2 dan luas bangunan 64 m2, terdiri dari dua kamar tidur, sedangkan Tipe B, dengan luas tanah sebesar 84 m2 dan luas bangunan 80 m2, terdiri dari tiga kamar tidur. Kedua tipe tersebut juga dilengkapi dengan carport di setiap unit. Hunian ini juga dilengkapi dengan fasilitas publik seperti tempat pengisian daya telepon seluler dan laptop umum, delivery dropbox untuk menjaga keamanan klaster selama pengiriman barang, dan fitur keamanan pintar seperti kamera CCTV, sensor sinar inframerah, dan sistem kartu akses untuk para penghuni.

 

Hunian ini juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti Panasonic Home Network System. Selain itu dilengkapi pula dengan sistem penyaring udara dan ventilasi Puretech yang merupakan sebuah alat yang dapat menyaring 97%[1] debu, kotoran dan partikel berbahaya yang masuk ke dalam rumah. Savasa Homes dirancang dengan sistem cross ventilation yang meningkatkan sirkulasi udara dan membuat rumah menjadi lebih sejuk dan sehat.

 

Editor : Euis Rita Hartati (euis_somadi@yahoo.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com