Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Senior Associate Director, Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto

Senior Associate Director, Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto

2021, Wisatawan Domestik Masih Mendominasi Okupansi Hotel di Bali

Selasa, 11 Januari 2022 | 19:28 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Konsultan properti Colliers International Indonesia mengatakan, wisatawan lokal masih mendominasi tingkat hunian atau okupansi hotel di Bali. Penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) selama 2021 membuat wisatawan asing masih enggan datang ke Bali.

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan, Kepercayaan wisatawan di Bali pada 2021 memulai membaik dibandingkan tahun 2020. Namun kebijakan penerapan PPKM pada bulan Juli 2021 membuat Bali alami penurunan kedatangan wisatawan yang berdampak kepada okupansi hotel.

“Pada saat PPKM kunjungan wisatawan alami penurunan signifikan. Wisatawan domestik yang masih mendominasi Bali,” kata Ferry Salanto, belum lama ini.

Ketika pemerintah mulai menurunkan level PPKM, Bali kembali menggeliat, banyak wisatawan lokal yang mau datang ke Bali untuk berwisata.

Selain itu banyak kegiatan diselenggarakan di Bali, salah satunya adalah MICE. “Pemerintah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan di Bali sebagai upaya untuk membangkitkan pariwisata di Bali,” kata Ferry.

Pada bulan Oktober 2021 pemerintah membuka pintu untuk kedatangan internasional ke Bali untuk beberapa negara, namun sampai Oktober 2021 masih sangat minim.

“Wisatawan asing masih belum berani datang ke Bali, karena ada proses karantina,” ujarnya.

Penyebaran kasus Covid-19 yang mulai terkendali dan level PPKM mulai diturunkan oleh pemerintah, diharapkan juga bisa membangkitkan pasar wisata di pulau Dewata tersebut. Apalagi, kata Ferry pada tahun 2022 ini, Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan G20.

“Pertemuan G20 diharapkan bisa menjadi salah satu cara untuk menarik wisatawan asing untuk kembali berlibur ke Bali,” kata Ferry.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN