Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Iswandi Said, direktur utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) (HIN)

Iswandi Said, direktur utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) (HIN)

HIN Antisipasi Bisnis di Era The New Normal

Edo Rusyanto, Sabtu, 23 Mei 2020 | 13:29 WIB

Jakarta, Investor.id – Pandemi Covid-19 dinilai membawa perubahan yang sangat besar terhadap cara orang bekerja, dalam melakukan perjalanan atau bepergian, hingga menjalani kehidupan pada umumnya. Kelak, hehidupan normal baru (the new normal)  lebih peduli pada aspek kesehatan.

Menurut Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) (HIN) Iswandi Said, pihaknya menekankan bahwa kebersihan, kesehatan, dan keamanan (clean, healthy, and safety) merupakan aspek yang sangat diutamakan dalam Guidelines & SOP The New Normal. “Sehingga seluruh hotel Inna memiliki standard hieginitas yang tinggi, dan para tamu akan merasa aman dan nyaman untuk menginap dan melakukan kegiatan di seluruh bagian dan area hotel-hotel Inna,” papar dia, dalam siaran pers yang diterima Investor Daily, baru-baru ini.

Dia menegaskan, industri hotel merupakan yang pertama kali terkena dampak Covid-19 dan yang terakhir dalam proses pemulihan. “Namun, sejalan dengan berbagai perkembangan yang terjadi dewasa ini, diharapkan industri pariwisata dan juga industri perhotelan secara bertahap akan bergerak ke pemulihan,” kata Iswandi Said.

HIN mengaku telah menyelesaikan Standard Operational Procedure (SOP) dan "Protokol Kesehatan" yang baru di bisnis hotel. Saat ini, hotel badan usaha milik negara (BUMN) itu aktif melakukan sosialisasi di seluruh jaringan hotelnya yang berada di berbagai kota di Indonesia dalam rangka menyambut bisnis the new normal.

“Penerapan SOP dan Protokol Kesehatan yang baru (Guidelines & SOP -  The New Normal) tersebut sejalan dengan arahan Menteri BUMN agar BUMN menyiapkan diri, melakukan antisipasi dini menghadapi the new normal,” papar Iswandi Said.

 

Pemangku Kepentingan

Menurut Iswandi Said, melalui "Guidelines & SOP The New Normal" tersebut, HIN telah mengevaluasi dan melakukan pembaruan terhadap seluruh prosedur dan mekanisme layanan dan operasional hotel. Evaluasi dan pembaruan itu mengacu pada lembaga dan guidelines  berstandard internasional mulai dari aspek manajemen, unit pendukung atau back office, hingga aspek operasional. Diharapkan hotel-hotel Inna dapat beroperasi pada masa maupun pascapandemi, atau the new normal sesuai  persyaratan dan tuntutan tamu dan industri yang sangat mengutamakan aspek higienitas.

PT Hotel Indonesia Natour menerapkan Guidelines & SOP The New Normal.
PT Hotel Indonesia Natour menerapkan Guidelines & SOP The New Normal.

Pelaksanaan sosialisasi secara masif dan intensif tidak hanya dilakukan  kepada seluruh  karyawan kantor pusat dan unit-unit HIN di berbagai kota di Indonesia. SOP & Protokol Kesehatan tersebut juga disosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) HIN, yaitu para tamu, pelanggan, mitra bisnis, pemasok, dan masyarakat pada umumnya. “Sehingga HIN dan seluruh stakeholders dapat berkembang bersama-sama,” paparnya.

Dia menjelaskan, pengembangan SOP dalam aspek manajemen antara lain menyangkut standard kesehatan dan higienitas karyawan, metode mencuci tangan, physical dan social distancing, hingga penetapan standard peralatan perlindungan bagi karyawan. Dalam aspek back office, selain aspek human capital dan keuangan, sangat dikembangkan program dan kegiatan sales dan marketing dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti pengembangan berbagai aplikasi, program webinar, dan berbagai strategi online lainnya.

Seluruh aspek operasional hotel yang banyak menjadi "touch points" antara petugas dengan para tamu, yang meliputi layanan resepsionis, housekeeping, keamanan, kitchen, food & beverage, laundry, spa, pool & fitness, hingga engineering dan perawatan diberikan panduan yang sangat lengkap dan detail sebagai acuan pelayanan seperti "DO's & DON"Ts the new normal". Lalu juga dibuatkan SOP untuk pelaksanaan acara di meeting room dan ball room, kebersihan peralatan, nampan, troli, penggunaan sarung tangan, ketentuan menjaga jarak saat mengirimkan makanan, hingga SOP untuk mengantar tamu menggunakan buggy car, serta berbagai panduan lainnya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN