Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Proyek hunian yang bakal menyasar kalangan milenial ini dikemas dalam Pameran Perumnas Hunian Festival.

Proyek hunian yang bakal menyasar kalangan milenial ini dikemas dalam Pameran Perumnas Hunian Festival.

Naik Peringkat Jadi BBB-, Perumnas Siapkan Strategi Pacu Kinerja Korporasi

Kunradus Aliandu, Jumat, 29 Mei 2020 | 11:45 WIB

JAKARTA, investor.id - Manajemen Perum Perumnas menyiapkan beberapa alternatif langkah untuk dapat memacu kinerja korporasi agar menjadi lebih baik lagi. Hal ini seiring dengan kenaikan peringkat Perum Perumnas menjadi idBBB- dari sebelumnya idCCC yang dikeluarkan oleh Pefindo belum lama ini.“Kami tengah mengkaji beberapa alternatif strategi yang dapat meng-akselerasi kondisi keuangan Perumnas ke figur yang lebih baik lagi,” tegas Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro belum lama ini.

Ia mengatakan, strategi efisiensi operasional sudah pasti berada di dalam bucket strategi yang disiapkan, termasuk di dalamnya perbaikan proses bisnis. Sebagai contoh, pihaknya akan menerapkan strategi Turn-Key kepada para kontraktor, sehingga pembayaran konstruksi baru akan dilakukan pada saat terselesaikannya pembangunan proyek tersebut. Hal ini akan semakin menyehatkan kondisi cash flow Perumnas kedepannya. “Kami akan lebih fokus pada proyek-proyek Perumnas yang berkonsep rumah tapak dimana menyasar segmen Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Portofolio bisnis Perumnas masih didominasi oleh produk rumah tapak, sekitar 60%. Produk rumah tapak merupakan backbone bagi Perumnas,”ujarnya.

Dari awal pembentukannya, Perumnas disiapkan untuk menyediakan perumahan bagi menengah bawah. Menurutnya, ada 4 proyek andalan Perumnas pada ranah kawasan rumah tapak yang akan menjadi prioritas dalam waktu dekat, yaitu Perumnas Parayasa Bogor, Perumnas Dramaga Bogor, Perumnas Pasadana Bandung, dan Perumnas Campaka Purwakarta. Adapun total unit bangun lebih dari 9,500 unit dengan perkiraan rampung paling lama pada 2027. Untuk itu, Perumnas akan menerapkan sistem precast dalam pembangunannya.“Terlebih dengan dana talangan dari pemerintah sebesar Rp 650 miliar akan menjadi amunisi tambahan Perumnas dalam menggenjot pembangunan sekitar 56 proyek yang tersebar di seluruh Indonesia, dimana sekitar 48 proyek merupakan konsep kawasan rumah tapak,” ujarnya.

Terkait pemasaran, pihaknya akan semakin gencar dengan strategi bulk sales. Tidak hanya terbatas membidik pasar pada segmen BUMN dengan mengusung sinergi BUMN yang kerap didorong Kementerian BUMN, tetapi juga pada segmen lainnya seperti ASN, Polri dan institusi lainnya. “Lain dari itu kami juga tengah menggodok konsep yang melibatkan pihak swasta, yang dinamai club-deal. Prinsipnya dengan keterlibatan swasta dapat mempercepat penyerapan produk Perumnas di pasar,” tutur Budi.

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor termasuk sektor properti. “Tapi kami yakin dengan pemberlakuan new normal yang sebentar lagi digalakkan pemerintah akan bertahap berdampak pada kondisi perekonomian yang semakin membaik dan berangsur menuju kondisi normal seperti sedia kala,” tutupnya.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN