Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Mowilex Indonesia tercatat menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi karbon netral dalam proses produksinya.

PT Mowilex Indonesia tercatat menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi karbon netral dalam proses produksinya.

Pandemi Tak Halangi Mowilex Naikkan Kapasitas Produksi

Jumat, 20 November 2020 | 18:59 WIB
Fajar Widhiyanto

Kendati terjadi pelemahan daya beli dan penurunan aktivitas ekonomi di Tanah Air akibat pandemi, produsen cat premium PT Mowilex Indonesia tetap melanjutkan rencananya untuk memperbesar kapasitas produksi lewat pembangunan pabrik baru di kawasan Cikande, Serang, Banten.

Dengan pembangunan pabrik baru di Cikande, di tahun 2021 PT Mowilex Indonesia akan mampu memproduksi dua kali lipat dari kapasitas terpasang yang ada saat ini. Disampaikan Anna Yesito Wibowo, Chief Marketing Officer PT Mowilex Indonesia ketika dihubungi redaksi, Kamis (19/11), Mowilex Indonesia lewat dukungan induk usaha Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd memutuskan untuk konsisten melanjutkan pembangunan pabrik barunya kendati pandemi masih melingkupi perekonomian domestik dan global.

“Masih konsisten. Walaupun di tengah pandemi, Mowilex masih mendapatkan repsons positif dari parent company kita, Asia Coatings Enterprises, Pte. Ltd, untuk tetap melanjutkan pembangunan pabrik kami di Cikande,” ujar Anna.

Menurut Anna, induk usaha Mowilex Indonesia masih merasa optimis dengan kondisi pasar indonesia. “Sehingga kita akan teruskan langkah penambahan kapasitas kita. Hopefully tahun depan kita sudah bisa pindah ke pabrik yang baru. Kapasitasnya bisa dua kali lipat dari yang sekarang,” imbuh Anna. Ia memperkirakan pada kuartal III – IV 2021, Mowilex sudah bisa menggandakan distribusi produk catnya.

Sayangnya, Anna mengaku tidak bisa membagi informasi perihal kapasitas produksi saat ini, termasuk berapa besar kapasitas produksi setelah pabrik barunya di Cikande beroperasi. Mengutip pernyataan dari Presiden Direktur Mowilex Indonesia Niko Safavi beberapa waktu lalu, persaingan di industri penopang sektor properti ini sangatlah ketat dan kompetitif. Sehingga informasi seputar kapasitas produksi pun merupakan hal yang sangat riskan untuk dibagi ke publik. Apalagi PT Mowilex Indonesia bukanlah perusahaan publik yang mencatatkan diri di bursa efek Indonesia.

Perihal imbas pandemi terhadap penjualan, diakui Anna memang terjadi penurunan. Namun penurunan yang terjadi menurutnya tidak signifikan. “Penurunan masih dalam taraf yang masih membuat kami happy, tidak sampai menyentuh double digit,” ujarnya. Lagi-lagi Anna tak bisa memaparkan seberapa besar angka penjualan dari perusahaan yang telah melansir produk catnya sejak tahun 1970 tersebut.

Tidak signifikannya penurunan angka sales ini menurut Anna merupakan buah manis dari kemampuan perusahaan menjaga loyalitas konsumen dari kalangan home owner. Sekedar informasi saja, komposisi penjualan produk cat premium Mowilex sebagian besar berasal dari kalangan home owner, atau sekitar lebih dari 60%. Sementara sisanya diserap oleh para pengembang.

“Di atas 60% itu pasarnya di home owner. Ini yang membuat kami survive. Kalau developer sangat berdampak karena mereka melibatkan anggaran yang luar biasa besar,” kata Anna. Menurutnya, situasi pandemi justru telah memberikan kesempatan lebih besar bagi para home owner untuk melakukan dekorasi ulang interior mereka, salah satunya mewarnai ulang rumah dan ruangan mereka.

Anna juga menyebut sejauh ini pihaknya konsisten menjaga kualitas produk yang dilansir perusahaan. Hantaman krisis sejak tahun 1998, lalu diikuti krisis 2008 dan krisis akibat pandemi saat ini tak mendorong perusahaan untuk menurunkan kualitas produk. “Walaupuan kita harus suffer di margin atau profit and loss, it doesn't matter, kita tak pernah compromise dengan kualitas. Itu yang disadari oleh konsumen, bahwa Mowilex beda dengan yang lain.

Sekedar informasi, PT Mowilex Indonesia adalah perusahaan manufaktur pertama di Indonesia, dan satu-satunya produsen cat di Indonesia yang memiliki sertifikasi karbon netral. Bulan Oktober lalu Mowilex baru saja memperpanjang sertifikasi Carbon Neutral, dan perusahaan masih menjadi produsen cat pertama dengan sertifikasi carbon neutral di Indonesia.

Pada kesempatan hari yang sama, Mowilex menyerahkan hadiah Program Tebar Hadiah Ramadan yang disiarkan secara daring bersama empat cabang perusahaan. Program Mowilex Tebar Hadiah Ramadan berlangsung dari 1 April hingga 31 September 2020 sebagai salah satu loyalty program untuk konsumen loyal Mowilex.

Dalam program ini perusahaan memberikan 50 hadiah utama yaitu 1 Mobil Toyota Calya, 3 Motor Honda Beat, 5 TV LED, 7 Smartphone Samsung, 10 Kulkas, dan 24 Voucher Belanja senilai Rp1.000.000.

Prosesi pengundiannya sendiri telah dilakukan dan disiarkan secara daring pada 27 Oktober 2020 yang turut disaksikan oleh perwakilan Kementrian Sosial Republik Indonesia, Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Notaris yang bertugas serta PT Mowilex Indonesia.

Mowilex menyelenggarakan acara dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan mengadakan test rapid, serta mengenakan APD lengkap yaitu masker, face shield, serta menyediakan hand sanitizer. Acara dimulai secara serentak yang disiarkan secara langsung melalui Youtube serta media sosial lainnya.

Dikatakan Anna yang turut menyerahkan hadiah Honda Beat kepada pemenang di cabang Jakarta, program dibuat untuk mengapresiasi para pelanggan setia Mowilex yang sudah bertahun-tahun menggunakan Mowilex. “Karena pengguna setia inilah yang terus menerus mempromosikan produk Mowilex sebagai bentuk kepuasaan terhadap kualitas dari produk kami. Mowilex berharap, program ini dapat memberikan sebuah keriaan tersendiri,” ujarnya saat memberikan hadiah.

Sementara itu Budi Santoso, Regional Retail Manager PT Mowilex Indonesia mengatakan, ini bukanlah yang pertama Mowilex mengadakan undian berhadiah demi menumbuhkan antusiasme pelanggan. “Program THR adalah program pertama yang berlaku secara Nasional dengan sistem unik untuk mendaftarkan struk dan memiliki nomor undian secara digital. Hal ini memudahkan pelanggan dalam menyimpan nomor undian karena sudah tersimpan di sistem,” ujar Budi.

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN