Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sekjen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Himawan A Sugoto

Sekjen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Himawan A Sugoto

Pemerintah Berkomitmen Permudah Perizinan

Kamis, 26 November 2020 | 06:44 WIB
Edo Rusyanto (edo_rusyanto@investor.co.id) ,Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Sekjen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Himawan A Sugoto mengatakan, pemerintah berkomitmen mempermudah perizinan dan memangkas mata rantai birokrasi yang selama ini dikeluhkan dunia usaha. Lewat UU Ciptaker serta aturan pelaksanaannya, yakni peraturan pemerintah (PP) dan peraturan presiden (Perpres), komitmen itu segera direalisasikan.

UU Ciptaker akan dilengkapi dengan 40 PP dan 4 Perpres. Terkait kementerian ATR/BPN akan ada empat PP. Keempat PP itu adalah Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum. Lalu, Hak Pengelolaan dan Hak Atas Tanah, Penertiban Kawasan dan Tanah Terlantar, dan Bank Tanah.

“Terkait perizinan, UU Cipta Kerja akan mengurangi mata rantai perizinan, tapi meningkatkan standardisasi. Implementasi sistem online single submission (OSS) akan mempercepat pengurusan perizinan. Bagi daerah yang sudah punya rencana detail tata ruang (RDTR) dan melaksanakan OSS, semestinya perizinan lebih mudah,” tutur dia dalam diskusi virtual Economic Outlook2021 dengan tema Membangkitkan Industri Properti yang digelar Berita Satu Media Holding (BSMH) bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Rabu (25/11).

Diskusi yang dipandu oleh COO BeritaSatu Media Holdings Anthony Wonsono ini juga menghadirkan pembicara Chief Executive Officer (CEO) PT Lippo Karawaci Tbk John Riady, Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida, Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Properti dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Junaidi Abdillah, Managing Director Lamudi.co.id Mart Polman, dan Director of Consumer & Commercial Lending PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk Hirwandi Gafar.

Chief Operating Of cer of Berita Satu Media Holdings Anthony Wonsono (kiri) bersama para pembicara diantaranya Sekretaris Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Himawan Arief Sugoto, Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia Paulus Totok Lusida,
CEO PT Lippo Karawaci Tbk John Riady, Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia Junaidi Abdillah, Direktur Consumer and Commercial Lending Bank BTN Hirwandi Gafar dan Managing Director Lamudi.co.id Mart Polman dalam acara virtual
conference Economic Outlook 2021 hari kedua sesi kedua dengan tema Kebangkitan Properti Indonesia live streaming di Beritasatu TV, Selasa (25/11/2020). Acara ini terselenggara atas kerja sama Berita Satu Media Holdings dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Foto: Beritasatu Photo/Uthan AR
Chief Operating Of cer of Berita Satu Media Holdings Anthony Wonsono (kiri) bersama para pembicara dalam acara virtual conference Economic Outlook 2021 hari kedua sesi kedua dengan tema Kebangkitan Properti Indonesia live streaming di Beritasatu TV, Rabu (25/11/2020). Acara ini terselenggara atas kerja sama Berita Satu Media Holdings dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Foto: Beritasatu Photo/Uthan AR

Guna mendukung ketersediaan lahan, tambah dia, pemerintah juga segera menghadirkan bank tanah sebagai amanah UU Ciptaker. Meningkatnya harga tanah berimbas pada berbagai sektor, khususnya terkait ketersediaan permukiman bagi masyarakat, maupun untuk konversi lahan.

“Bank Tanah adalah badan yang dibentuk secara khusus oleh pemerintah pusat untuk melakukan kegiatan perencanaan, perolehan, pengadaan, pengelolaan, pemanfaatan, dan pendistribusian tanah,” ujar Himawan A Sugoto.

Bank Tanah dalam tugas dan fungsinya memiliki kewenangan melakukan penyusunan rencana induk dan melakukan pengadaan tanah. Lalu, membantu memberikan perizinan berusahaa/persetujuan.  

Prospek bisnis properti tahun 2020
Prospek bisnis properti tahun 2020

Selain itu, menentukan tarif layanan. Tarif pelayanan yang dimaksud adalah tarif pemanfaatan tanah dalam bentuk sewa, sewa beli, jual beli, dan bentuk lainnya.

“Bank Tanah nantinya mirip BUMN tapi nonprofit. Sehingga bisa bertransaksi dengan siapa saja sesuai prioritas,” jelas dia.

Sementara itu, BTN sebagai bank yang fokus pada pembiayaan perumahan juga mengaku optimistis sektor property bertumbuh pada 2021. Terkait rumah subsidi, BTN berharap pengembang mampu memenuhi target pembangunan 300 ribu rumah subsidi per tahun. Target itu bagian dari Program Sejuta Rumah (PSR) yang digulirkan pemerintah sejak 2015.

Director of Consumer & Commercial Lending PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk
Director of Consumer & Commercial Lending PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk

“Hingga 2024, pemerintah fokus kepada 1,5 juta rumah subsidi. Artinya, setiap tahun dibutuhkan 300 ribu rumah subsidi. Ini menjadi tantangan bagi para pengembang untuk menyediakan hunian,” papar Hirwandi Gafar.

Menurut dia, untuk mendukung PSR, BTN memperkuat jaringan dengan stakeholder, bekerja sama dengan lebih 5.000 pengembang. Lalu, memberikan fasilitas memenuhi supply side, yakni lewat kredit konstruksi, kredit pemilikan lahan, dan modal kerja.

“Kemudian, kami juga membuat KPR berbasis komunitas. Kemudian, kerja sama dengan instansi seprti ASN dan TNI/Polri,” ujar Hirwandi. (jn)

Baca juga

https://investor.id/business/2021-industri-properti-tumbuh-30

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN