Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hunian Rukita Kudus di kawasan Menteng, Jakarta. ( Foto: Istimewa )

Hunian Rukita Kudus di kawasan Menteng, Jakarta. ( Foto: Istimewa )

Rukita Catat Pertumbuhan 20% di Bisnis Coliving

Kamis, 19 November 2020 | 16:37 WIB
Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Rukita mencatatkan pertumbuhan signifikan dengan performa bisnis coliving yang positif di tengah pandemi Covid-19. Hal ini seiring dengan berkembangnya tren bekerja dari rumah (work from home /WFH) dan perilaku masyarakat yang semakin sadar biaya. Pencapaian ini mendorong Rukita membantu lebih banyak mitra dalam memaksimalkan propertinya di masa-masa sulit.

Pada Kuartal III-2020, Rukita mencatat rata-rata pertumbuhan okupansi bulanan (MoM) di seluruh unit mencapai 20%. Sementara itu, jumlah penghuni baru bertumbuh hampir 2,5 kali lipat pada periode Juni-Oktober jika dibandingkan dengan periode Januari –Mei 2020.

Berkembangnya tren WFH selama pandemi juga turut menjadikan bisnis coliving semakin populer seiring dengan meningkatnya permintaan pasar akan hunian yang aman, nyaman, dan menunjang WFH, namun tetap terjangkau.

Seperti diketahui, di tengah pandemi Covid-19, perekonomian nasional mengalami perlambatan karena menurunnya daya beli masyarakat, tak terkecuali di sektor properti residensial. Dengan perubahan prioritas, masyarakat, terutama kaum milenial yang mencapai 60% dari total populasi Indonesia pada 20201, cenderung menunda keputusan membeli hunian, dan memilih opsi menyewa yang lebih terjangkau.

Hal tersebut menyebabkan bisnis hunian coliving yang menawarkan segala kemudahan, dan fasilitas lengkap untuk milenial bertumbuh pesat, bahkan lebih signifikan dibandingkan sebelum pandemi. Selain itu, respon positif terhadap platform dengan konsep ekonomi berbagi (sharing economy) juga turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan bisnis ini di Tanah Air.

Menurut Co-founder dan COO Rukita Sarah Soewatdy, pandemi ini menimbulkan ketidakpastian dalam segala hal sehingga masyarakat menjadi lebih sadar biaya dan cermat mengelola keuangan. Namun Rukita optimis dapat menghadirkan solusi nyata, dan kepastian bagi para pemilik properti, baik dari aspek ekonomi maupun psikologi.

“Kondisi tersebut menciptakan celah bagi bisnis kami untuk berkembang lebih cepat dengan penyediaan hunian coliving yang berkualitas namun tetap terjangkau. Kami menawarkan kesempatan bagi mereka untuk memaksimalkan potensi propertinya, sehingga mereka dapat tenang menjalani kehidupan sambil menikmati pendapatan pasif bebas ribet,” ujarnya dalam siaran pers.

Sejak awal didirikan, Rukita menerapkan model bisnis yang berkelanjutan dengan investasi pada keahlian yang kuat dalam manajemen properti dari hulu ke hilir, meliputi pemeriksaan dan penilaian bangunan sebelum proses transformasi, pemasaran dan akuisisi penghuni, operasional, pemeliharaan properti, hingga pasca penyewaan (after stay).

Jenis kemitraan yang ditawarkan pun bersifat fleksibel sehingga mampu memberikan solusi sesuai kebutuhan masing-masing pemilik properti.

Selain itu, Rukita juga berfokus menjamin kualitas layanannya untuk menjaga kepercayaan para mitra. Salah satunya dengan memastikan standar pelayanan yang konsisten di mana seluruh kegiatan operasional dijalankan dan dikelola secaracermat oleh tim internal Rukita yang telah melalui proses pelatihan yang ketat sesuai dengan bidangnya masing-masing, mulai dari housekeeping, repair & maintenance, hingga security.

Philip – salah satu pemilik properti yang telah bermitra dengan Rukita sejak awal 2020 – mengungkapkan alasan bergabung dengan Rukita karena bentuk kemitraan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhannya dalam pengelolaan properti yang bebas ribet.

“Rukita memberikan layanan yang profesional dengan tim yang kompeten dari berbagai departemen serta terbukti unggul dalam hal desain interior. Saya merasa sangat terbantu dan dapat berfokus pada bisnis utama saya dengan pengelolaan operasional Rukita sehari-hari yang didukung oleh tim housekeeping, keamanan, dan siaga yang bertugas di lapangan, Bahkan di saat pandemi, Rukita juga mampu mengakusisi penghuni secara maksimal dan mengimplementasikan protokol kesehatan yang ketat, sehingga saya pun dapat lebih tenang karena properti saya dikelola oleh mitra yang tepat,” katanya.

Disampaikan dalam keterangan bahwa selama pandemi, Rukita terus beradaptasi untuk semakin relevan dalam menjawab kebutuhan pasar melalui rangkaian inisiatif normal baru yang digagas. Untuk menciptakan hunian coliving dengan standar baru yang lebih aman dan nyaman, Rukita konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh unit.

Editor : Happy Amanda Amalia (happy_amanda@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN