Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Umum REI Totok Lusida dalam Creative Money, Beritasatu TV, Selasa (2/2/2021). SUmber: BSTV

Ketua Umum REI Totok Lusida dalam Creative Money, Beritasatu TV, Selasa (2/2/2021). SUmber: BSTV

Sekarang Saatnya Membeli Properti

Senin, 19 Juli 2021 | 09:53 WIB
Edo Rusyanto (edo_rusyanto@investor.co.id)

Jakarta, Investor.id – Sejumlah pengembang, pengamat, dan broker properti menyatakan bahwa kini adalah saatnya membeli properti. Ketika pandemi Covid-19 terkendali dan perekonomian kembali pulih, sektor properti kembali bangkit.

Demikian rangkuman pendapat Managing Director Business Development Sinar Mas Land Alim Gunadi, Sekretaris Jenderal DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan permukiman (Apersi) Daniel Jumali, Paulus Totok Lusida Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI), Founder dan Chief Executive Officer (CEO) Greenwoods Group Oki Imanto, Founder Panangian School Property Panangian Simanungkalit, dan Founder komunitas Synergy Ismet Natakarmana. Lalu, Ketua Umum Asosiasi Real Estat Broker Indonesia (AREBI) Lukas Bong, dan motivator Tung Desem Waringin. Pendapat mereka dirangkum dari Gerakan ‘Its Time to Buy Property’ yang digulirkan komunitas Synergy, baru-baru ini.

“Sekarang saatnya kita membeli properti. Apalagi ada subsidi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari pemerintah sampai Desember 2021,” ujar Totok Lusida.

Insentif PPN digulirkan oleh pemerintah sejak Maret 2021. Stimulus itu membebaskan PPN sebesar 10% terhadap pembelian hunian pertama yang banderolnya di bawah Rp 2 miliar per unit.

Menurut Alim Gunadi, bagi sebagian orang, membeli atau memiliki proeperti adalah sekadar impian. Kini, mimpi itu bisa menjadi nyata.

“Karena sekarang banyak stimulus yang diberikan oleh pemerintah seperti insentif PPN, DP 0%, dan suku bunga rendah yang diberikan perbankan. Selain itu, banyak penawaran dari developer.

“Sekarang time to buy. Membeli properti atau rumah adalah membeli masa depan,” ujar dia.

Oki Imanto menambahkan, bagi para pemburu rumah dan para investor properti. Kini adalah saat terbaik untuk membeli properti. Selain karena ada insentif dari pemerintah, sekarang juga suku bunga KPR dalam posisi terendah sepanjang sejarah. Selain itu, banyak developer memberikan promo-promo spektakuler. “Manfaatkan yang terbaik ini, its time to buy property,” tutur dia.

Ajakan itu tak semata untuk membeli rumah komersial. Daniel mengatakan, kini merupakan saat yang tepat bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan milenial untuk membeli properti. “Saat ini, kita bisa mendapatkan lokasi yang terbaik dengan harga yang terbaik pula,” paparnya.

Lukas Bong menegaskan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk membeli properti. Karena saat ini banyak yang melepas aset dengan harga terkoreksi. “Saat pandemi teratasi properti harganya akan membubung tinggi. Ini adalah waktunya membeli properti,” tutur dia.

 

Investor Cerdas

Menurut Panangian, jika ingin menjadi investor yang cerdas, saat ini adalah waktu yang tepat membeli properti. “Kata orang pintar, beli saat harga terendah dan jual saat harga tinggi,” ujarnya.

Sinyalemen properti akan bangkit dan harga kembali naik ketika pandemi terkendali, bagi Tung Desem, terasa dari naiknya harga besi yang dalam satu tahun terakhir mencapai 132%. Lalu, jumlah uang beredar juga meningkat baik dari pinjaman maupun pencetakan uang.

Belum lagi, tambahnya, Boston Consulting menyebutkan bahwa sepanjang 2013-2020, jumlah orang kaya di Indonesia bertambah 68,7 juta.

“Orang-orang ini butuh properti. Infrastruktur juga meningkat. Saya percaya properti akan naik. Sekarang saatnya membeli properti,” tukas dia.

Di sisi lain, kata Ismet, sekarang harga properti sangat murah. Membeli properti juga membantu percepatan pemulihan 170 bisnis turunan properti.

“Dan, apabila konsumen membeli, developer akan membayar supplier tepat waktu. Time to buy,” ujar dia.

  

 

 

 

 

Editor : Edo Rusyanto (edo_rusyanto@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN