Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hunian garapan Perum Perumnas

Hunian garapan Perum Perumnas

Usung Tema Towards Innovation, Perumnas Sasar Konsumen Milenial

Kamis, 22 Juli 2021 | 12:22 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Perum Perumnas menunjukkan komitmennya dengan menyasar kaum milenial Indonesia sebagai pasar konsumen utama. Bertepatan dengan usianya ke 47 tahun, Perumnas menawarkan ragam inovasi hunian yang cocok bagi para milenial dalam memilih rumah pertamanya. Ragam inovasi ini pun mengusung tema “Towards Innovation” sebagai tagline dalam menghadirkan hunian-hunian terbaik.

Direktur Utama Perum Perumnas, Budi Saddewa Soediro menuturkan, usia 47 tahun ini Perumnas akan selalu menghadirkan berbagai ragam terobosan inovasi di tengah perlambatan perekonomian di masyarakat saat ini. Hal ini pun tidak menyurutkan perusahaan sebagai developer BUMN untuk tetap menawarkan hunian yang terjangkau dan berkualitas bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan kini kami pun menyasar kategori milenial sebagai pasar yang cocok atas ragam hunian yang akan kami pasarkan.

Backlog perumahan saat ini terjadi di generasi milenial. Data Kementerian PUPR tahun 2019 menunjukkan bahwa 81 juta orang atau setara dengan 31% populasi Indonesia adalah milenial yang belum memiliki rumah.

“Milenial dikenal kritis dalam memproses suatu informasi, tapi seringkali luput dari pemikiran-pemikiran besar, salah satunya adalah membeli hunian. Tidak hanya untuk keamanan dan kenyamanan tinggal sehari-hari, tapi hunian sekarang juga seharusnya dapat membantu kita menjalani hidup dengan lebih mudah karena fasilitasnya yang lengkap,” ungkap Budi Saddewa, dalam siaran pers, Kamis (22/7).

Menurut Budi, konsep hunian terintegrasi transportasi atau yang familiar dengan sebutan TOD (Transit Oriented Development) adalah salah satu kunci ragam terobosan inovasi yang ditawarkan Perumnas. Baik secara vertikal maupun tapak, konsep hunian ini pun sedang menjadi trend di kota-kota besar untuk dapat mengakomodasi para penghuni tidak hanya terbatas sebagai tempat tinggal tetapi dapat menunjang mobilitas dan menghubungkan kawasan satu dengan lainnya.

“Penghuni akan mudah berpergian menggunakan moda KRL saat turun dari unitnya karena terhubung langsung dengan stasiun. Tentu hal ini akan menjadi keuntungan besar bagi para konsumen kami nantinya”, jelas Budi.

Saat ini, Perumnas tengah menggarap proyek dengan konsep TOD, di lokasi-lokasi yang sangat strategis, diantaranya hunian Samesta Mahata Tanjung Barat Jakarta, Samesta Mahata Margonda Depok, Samesta Mahata Serpong Tangerang Selatan, Samesta Parayasa Bogor dan proyek Nusa Dua Bekala Medan.

Ragam terobosan inovasi lainnya pun adalah penerapan sistem precast pada rumah tapak dengan tujuan pembangunan rumah yang lebih cepat, rapi, dan kualitas yang lebih baik. Budi menjelaskan, biasanya lumrah diterapkan pada hunian vertikal seperti apartemen atau perkantoran, namun kali ini Perumnas menerapkannya pada rumah tapak. Ketahanan kualitas rumah tapak menggunakan sistem ini pun menjadi lebih kokoh dari sistem pada umumnya.

“Kami juga menjadi pelopor revitalisasi pertama di Indonesia, meremajakan rumah susun lama menjadi hunian vertikal yang kapasitasnya lebih banyak, penambahan sarana prasarana dan lebih kokoh dari sisi pembaharuan kualitas bangunan. Ini sudah kami terapkan di Samesta Sukaramai Medan”, lanjut Budi.

Pada kesempatan bertambahnya usia ke-47 tahun ini, Perumnas terus berupaya untuk memperluas bisnisnya dengan membangun lebih dari 2 juta unit rumah di seluruh Indonesia. Oleh karenanya, tema Towards Innovation diusung sebagai semangat dalam mewujudkan ragam terobosan inovasi tersebut.

Dalam rangka memeriahkan HUT Perumnas ini, ragam kegiatan pun diluncurkan secara virtual seperti Perumnas IDEA Competition 2021 yaitu ajang unjuk gigi menghadirkan ide desain rumah untuk milenial. Ajang ini pun terbuka untuk umum. Selanjutnya, Talkshow Perumnas Hunian untuk Milenial, serta Talkshow Srikandi BUMN dengan tema Peran Perempuan untuk Lingkungan di Masa Pandemi.

“Kami berharap Perumnas sebagai BUMN dapat terus berkontribusi terhadap negara melalui penugasan kami menyediakan hunian, serta mendapat dukungan penuh oleh pemerintah dan mitra-mitra kami agar penugasan ini pun dapat terlaksana dengan baik.” tutup Budi.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN