Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua LP3M Investa Hari Prabowo

Ketua LP3M Investa Hari Prabowo

KOPU PAGI

Badai September Datang, Masihkah Ada Peluang?

Selasa, 22 September 2020 | 06:47 WIB
Oleh Hari Prabowo

Investor.id - Berbeda dengan bulan Agustus lalu dimana IHSG lebih sering bergerak keatas dan sempat di posisi 5371, namun sejak memasuki September terjadi beberapa koreksi sampai IHSG kembali di bawah 5000.

Siklus bulanan seperti ini kadang sering mempengaruhi psikologis pelaku pasar karena seringkali data yang ada menunjukkan kebenaran, sekalipun semua bersifat tidak mutlak.

Ada saja berita negatif dibulan September ini, seperti saat ini berita Inggris akan melakukan "lockdown" untuk menahan laju penyebaran virus corona (Covid-19) yang masih menjadi momok dunia.

Setiap pembatasan kegiatan aktvitas akan direspons negatif oleh pasar, Ini fakta yang terjadi, dan semakin besar suatu negara yang melakukan pembatasan maka dampaknya semakin terasa mendunia.

Lihat saja semalam bursa FTSE, DAX, CAC di Inggris, Jerman dan Perancis langsung rontok diatas 3%. Demikian pula harga komoditas emas, minyak, gas, nikel, timah juga langsung anjlok cukup dalam.

Tidak cukup itu, rumor mengenai beberapa bank besar melakukan transaksi yang mencurigakan telah menjatuhkan pula saham bank besar seperti Deutshe Bank yang turun 8,3% dan JP Morgan turun 2,3%.

Bagaimana pergerakkan IHSG hari ini? Rasanya memang sulit menghindari efek samping berita negatif dari pasar global. Bisnis pasar keuangan tidak bisa lepas dari informasi, bahkan sampai rumor yang belum tentu valid bisa juga menggoyang harga saham.

Namun ibarat berselancar, gelombang di laut itu bisa menjadi kenikmatan tersendiri bagi peselancar yang pengalaman dan punya keahlian, sehingga fluktuasinya IHSG bisa menjadi kenikmatan dan peluang juga bagi para trader saham yang bisa mencari timing yang tepat atas saham tertentu.

Ada kemungkinan saham perbankan akan tertekan hari ini, demikian saham komoditas, jadi perlu sabar menyikapinya sambil melihat peluang untuk masuk ketika harga sudah ada sinyal tekanan mereda istilahnya. "Jangan menangkap pisau jatuh".

Bila saja kita bisa memanfaatkan setiap momentum apa saja kondisinya, rasanya peluang cuan selalu ada.
Cermati beberapa saham yang punya prospek bagus dengan harga yang sudah kelewat murah apalagi akibat tekanan sementara.

*** Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN