Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Esra Manurung/IST

Esra Manurung/IST

Berbisnis Bersama Klien Ideal

Esra Manurung, Selasa, 3 September 2019 | 15:54 WIB

Jakarta, Investor.id - Tulisan ini saya buat di Harbour Darling, Sidney dengan hamparan kota modern yang fantastik. Akhir pekan ini cuaca sangat sejuk untuk duduk di tepian harbour ditemani burung-burung merpati dan alunan smooth jazz. Aku mengingat klien ideal yang pernah kutemui sepanjang sejarah usahaku di dunia keuangan dan asuransi.   Inilah yang akan Anda baca dalam barisan-barisan kata-kata selanjutnya. Saya berharap, Anda pun kelak bisa menemukan klien ideal Anda. Bahkan mereka bisa menemukan Anda dan mengatakan “ini dia penasehat keuangan yang cocok untuk aku dan keluargaku”

Bertemu klien ideal adalah pengalaman yang luar biasa, karena Anda sangat menghargai mereka, begitu juga sebaliknya mereka menghargai Anda.  Klien ideal bisa diidentifikasi, dan ditemukan pola yang khusus pada mereka. Klien seperti ini membuat Anda berani berdiri dengan misi Anda. Mereka membuat hari-hari Anda seperti siang hari yang sejuk di tepian “harbour” yang indah. Anda tidak merasa berat bekerja bersama mereka.
Untuk menemukan mereka, Anda juga perlu menemukan cara agar mereka menemukan Anda, lewat marketing yang Anda lakukan. Kita akan bahas kemudian.

Langkah awal adalah menemukan mereka di pikiran Anda! Steven Covey mengatakan, “Mulai dengan akhir dalam pikiran Anda”. Buku Selling With Attitude yang saya tulis memaparkan, “Ciptakan dulu pikiran baru dalam kenyataan."

Pernahkah Anda bertanya pada diri Anda, klien seperti apa yang Anda inginkan? Individu seperti apa yang Anda inginkan untuk memenuhi meeting-meeting Anda? Sesaat cobalah membayangkan harapan Anda tentang klien ideal Anda sendiri. Dan tuliskan harapan itu.

Mereka ada diantara klien teratas Anda saat ini. "Anda punya yang Anda perlukan.” itu sebabnya sekarang Anda akan menuliskan top klien Anda saat ini. Mereka adalah individu yang sudah pernah mengadakan bisnis dengan Anda. Dan mereka memberikan Anda deal bisnis yang menguntungkan Anda dan klien Anda juga. Anda setuju bukan, jika bisnis sepatutnya memberikan keuntungan yang adil untuk pihak yang terlibat didalamnya. Semoga Anda menemukan setidaknya 20 nama di-list Anda.

Sekarang saatnya memberikan nilai "TANGKAS” kepada list Anda, dengan mengajukan pertanyaan di bawah ini :
1. Apakah Anda nyaman bersama mereka ?
2. Apakah saran Anda dihargai?
3. Apakah nasihat Anda diaplikasikan ?
4. Apakah Anda direferensikan kepada keluarga dan sahabat baik ?
Sekarang Anda bisa menemukan diantara list Anda yang mendapat “score” paling tinggi adalah nama-nama yang akan Anda ambil. Sisanya dapat Anda coret.

Kemudian ajukan kembali pertanyaan ini untuk mendapatkan nilai “DEMOGRAFIS”
1. Berapa usia rata-rata?
2. Apakah sudah menikah ? Memiliki anak? Usia anak?
3. Aktifitas & hobi untuk menikmati kesenangan?
4. Jenis pekerjaan bisnis/profesional ?
5. Apakah list nama-nama Anda memperlihatkan kesamaan dalam aktivitas?

Setelah Anda menjawab pertanyaan ini, setidaknya akan ada pola yang mulai nampak.  Anda bisa mencoba latihan ini berkali-kali sampai Anda bisa membaca dengan jelas ciri-ciri dan kesamaan kondisi dalam list Anda.
Jika Anda sudah bisa menemukan pola yang sama, dengan lebih mudah Anda akan mengerti dan memahami klien ideal Anda dan menemukan mereka. Bahkan dengan strategi yang pas, klien juga bisa menemukan Anda. Uniknya, Anda akan menemukan, klien ideal Anda adalah individu yang banyak miripnya dengan Anda!

Betapa menyenangkan jika Anda berbisnis dengan pribadi yang mempunyai banyak kesamaan minat dengan Anda. Saling mengerti dan menghargai dengan tulus akan membentuk dasar pola hubungan Anda dan klien. Yang Anda inginkan adalah pribadi yang mirip dengan Anda!

2. Buat diri Anda terlihat.
Marketing adalah apa yang Anda lalukan agar klien mengetahui Anda ada untuk mereka. Saatnya mempersiapkan diri untuk dikenal dengan ciri-ciri Anda yang khas. Semua aktivitas seorang marketing akan menunjukkan siapa diri Anda. Status website, dan sosial media Anda adalah cerita yang Anda bagikan untuk membuat Anda bisa ditemukan dan membuat Anda menemukan prospek klien Anda yang ideal.
KONSISTEN menjadi diri sendiri adalah kunci yang membuat Anda unik dan berbeda dengan pesaing Anda. Jika Anda suka olah raga dan klien Anda pun suka olah raga, maka akan lebih mudah berkomunikasi dengan klien Anda dengan bahasa yang sama. Anda bisa mengambil foto-foto menarik tentang kegiatan Anda dan Anda bagikan yang terbaik.

3. PERBANYAK dari REFERENSI
Banyak yang mengatakan mintalah referensi. Sebenarnya ada cara lebih baik! Jika Anda sukses, klien ideal Anda akan menceritakan Anda kepada sahabat mereka dan keluarganya. Mereka dengan senang hati akan memberikan Anda referensi. Mereka mungkin akan dihubungi oleh pesaing Anda. Tapi karena hubungan kuat yang Anda bangun, mereka akan menghargai Anda dan menginginkan Anda makin sukses.

Saatnya Anda mengambil waktu untuk mulai mengenal klien ideal Anda dan memperbanyaknya. Ini awal dari peningkatan produktifitas Anda. Dan yang lebih penting, bersama klien ideal akan memberikan pengalaman yang hebat dan tak terlupakan. Anda akan menikmati pekerjaan Anda setiap hari bersama mereka dan mendapatkan percakapan dan deal yang menyenangkan.

Dalam proses yang saya lalui, klien ideal saya kebanyakan adalah generasi kedua dari legacy & bisnis keluarga. Mereka adalah pasangan yang mencintai keluarga dan masih mendidik anak-anak dalam dekade yang akan datang. Kebutuhan mereka kompleks mulai dari persiapan pendidikan anak, pensiun pribadi, asuransi kesehatan pribadi dan persiapan legacy dan distribusi keuangan. Sekalipun mereka sangat beruntung medapat kehidupan  dan income yang sangat  baik, saya tahu jika rencana keuangan dibangun dengan baik, kelak mereka akan menikmati hasilnya bahkan sampai ke generasi berikut.  

Saya berkeyakinan kuat, terpanggil untuk melayani kelompok klien ini, dan ikut ambil bagian dari rencana masa depan mereka. Saya juga menjadi sahabat mereka dalam menangani dengan baik risiko kehidupan dengan perencaaan yang bijaksana. 

*Esra Manurung: Inspirator, MDRT Lifetime Member, Co Founder Langkah Kemenangan Group, Life Planner Manulife Indonesia, Founder Yayasan Maharani Kirana Pertiwi.

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA