Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat Pasar Modal.

Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat Pasar Modal.

KOPI PAGI

Bluechips Lesu, Pilihan Saham Investor Bergeser? Cermati Saham Ini

Senin, 26 April 2021 | 07:51 WIB
Oleh Hari Prabowo

Investor.id - Seiring perkembangan kondisi saat ini nampaknya saham bluechips bukan lagi jadi pilihan utama dalam mencari cuan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Banyak saham yang bukan kategori bluechips ternyata mampu menghasilkan "gain" yang cemerlang di tengah volatilitas pasar yang penuh ketidakpastian dalam kondisi perekonomian yang sulit.

Saham bluechips telah mengalami kemerosotan harga seiring banyaknya modal asing (net sell) keluar dari bursa untuk sementara waktu. Ambil contoh saham berkode UNVR, SMGR, BBRI, BBNI, BMRI, TLKM, ASII, GGRM, HMSP telah turun cukup dalam.

Investor memang harus jeli dalam menyikapi setiap perubahan kondisi perekonomian dan memilih sektor-sektor mana yang mampu bertahan serta punya prospek ke depan. Demikian pula para manajemen dan pengendali emiten berusaha menciptakan inovasi baru agar perusahaan tetap eksis menyikapi kondisi.

Dalam segala kesulitan selalu ada hikmah dibaliknya, baik manajemen emiten maupun investor saham harus sigap menyesuaikan pasar. Pandemi serta kemajuan teknologi menuntut adanya inovasi baru untuk menarik pelaku pasar, seperti aksi korporasi yang memberikan harapan masa depan menjanjikan.

Beberapa emiten telah mengambil kesempatan untuk melakukan aksi korporasi sampai menata kembali bidang usahanya demi mempertahakan dan mengembangkan kinerjanya.

Emiten yang telah melakukan aksi korporasi dari merger, akuisisi, right issue, buy back ternyata mengalami pertumbuhan harga yang cukup signifikan selama setahun terakhir seperti BRIS +1618%, BBHI +1683%, BBKP +328%, ZBRA +2190%, ARTO +212%.

Selain itu penurunan harga komoditas juga mendorong harga saham sektor tambang antara lainANTM, TINS, INCO, ADRO.

Investor sebagai pemilik modal lebih banyak pilihan dalam berinvestasi di bursa saham, soal mau "long" atau "trading" itu adalah strategi sesuai dengan karakter masing-masing.

Pertimbangkan pula langkah manajemen emiten yang tidak monoton tetapi mampu berinovasi menyesuaikan kondisi dan lebih profesional dalam mengembangkan perusahaannya.

Menu saham hari ini dari analisa Tape Reading yang patut dicermati BBTN, PGAS, BBRI, JPFA, ELSA.

*** Hari Prabowo, Ketua LP3M Investa, pengamat pasar modal.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN