Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hari Prabowo, Ketua LP3M Investa, dan pengamat pasar modal.

Hari Prabowo, Ketua LP3M Investa, dan pengamat pasar modal.

KOPI PAGI

Cermati "Tarikan" Saat Pre-Closing Pasar

Jumat, 16 April 2021 | 08:32 WIB
Oleh Hari Prabowo

Investor.id - Berbagai strategi trading biasa dilakukan di bursa, termasuk membeli atau menjual saham saat periode pre-closing, menjelang penutupan perdagangan pasar reguler yang berlaku saat ini sekitar jam 14.49 WIB.

Pada perdagangan kemarin, terjadi "tarikan" atau pembelian saham dengan harga penawaran jual dan volumenya besar atas saham-saham BBRI, UNVR, TLKM, ASII, BBCA dan saham tersebut juga banyak dibeli oleh investor asing.

Pembelian dilakukan sekaligus atas beberapa harga penawaran jual dalam waktu yang bersamaan sehingga membuat Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) yang semula merah menjadi hijau atau naik 0,48% ditutup 6079 pada penutupan perdagangan, Kamis (18/4/2021).

Dari analisa Tape Reading hal ini menunjukkan ada investor yang sedang mengakumulasi saham tersebut sekaligus "membuat" harga ditutup lebih tinggi. Hal ini sah-sah saja dan tidak melanggar peraturan bursa karena dilakukan secara terbuka melalui pasar reguler.

Banyak cara atau strategi yang dilakukan oleh investor untuk mengakumulasi pembelian saham antara lain pembelian bertahap atau sekaligus. Demikian pula sebaliknya untuk penjualan atau istilah dalam tape reading distribusi saham bisa juga bertahap atau sekaligus.

Menilik kejadian kemarin dimana saham BBRI BBCA TLKM ASII dan UNVR banyak diborong investor asing di periode Pre-Closing maka analisis saya bahwa investor asing sedang dalam tahap akumulasi. Kemungkinannya atas saham tersebut cenderung mengalami penguatan harga hari ini.

Selain itu melihat bursa global semalam rerata berakhir positive dengan Dow menembus level 34.000 di bursa Wall Street. Kenaikan harga minyak dan komoditas lain bisa menjadi katalis kenaikan IHSG hari ini pada kisaran 6090- 6120.

Selain saham tersebut di atas yang nampak diborong asing, layak pula mencermati seperti saham ADRO, JPFA, ELSA dan PGAS yang juga memperlihatkan sinyal positif secara tape reading.

Investor memang perlu banyak menambah pengetahuan dalam berinvestasi termasuk mengetahui berbagai strategi trading dan analisa tape reading disamping analisa fundamental dan teknikal.

Happy trading and happy "cuan".

*** Hari Prabowo: Ketua LP3M Investa dan pengamat pasar modal.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN