Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal.

Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal.

KOPI PAGI

IHSG Koreksi Sehat atau Terus Melaju?

Kamis, 19 November 2020 | 06:39 WIB
Oleh Hari Prabowo

Investor.id- Empat hari secara marathon IHSG terus menguat dan pada perdagangan kemarin naik 0,50% dilevel 5557.

Indikasi menuju kondisi bullish memang nampak dengan beberapa dukungan mulai penguatan rupiah, net buy investor asing, menguatnya harga saham perbankan papan atas serta besarnya nilai transaksi di atas rerata harian. Namun perjalanan IHSG tidak seperti garis lurus selalu ada gelombang naik turun sekalipun trend dalam jangka menengah menguat.

Lantas, kapan akan terjadi koreksi? Secara tepat sulit untuk diprediksi waktunya, hanya saja biasanya kenaikan berturut-turut selama empat atau lima hari berpotensi terjadinya take profit oleh investor. Reli selama empat hari merupakan kenaikan cukup tinggi bagi investor yang membeli saham sepekan lalu.

Jadi bisa saja hari ini atau besuk akhir pekan akan terjadi koreksi sehat, artinya koreksi yang sifatnya sementara dan tidak banyak. Selanjutnya IHSG akan kembali melaju sampai menemukan level tertentu dan terjadi kondisi jenuh beli.


Di sinilah masing-masng investor bebas menggunakan strateginya memanfaatkan setiap gelombang , fluktuasi harga saham sekaligus melakukan perpindahan dari saham satu ke yang lain guna mendapatkan hasil yang optimal dengan tetap berusaha membatasi risiko.

Jika investor jeli memanfaatkan fluktuasi harga maka peluang mendapatkan hasil investasi akan lebih besar.

Seperti beberapa kali ulasan saya mulai Oktober yang lalu bahwa setelah melihat kondisi perkenomian, politik baik dari dalam negeri msupun global dan juga perkembangan pandemi corona, saya memprediksikan bursa saham dalam tren bullish sampai akhir Desember 2020.

IHSG kemungkinan akhir tahun ini berada di kisaran 5700 - 5800 , seiring dengan aksi Window Dressing atas saham-saham tertentu yang bisa naik spektakuler harganya.

Nah, mulailah melakukan perburuan saham yang berpotensi Window Dressing ini dengan melakukan berbagai analisis dan penelitian.

Saham sektor pertambangan seperti ANTM TINS ADRO ELSA INCO serta sektor konstruksi dan infrastruktur WSKT, ADHI, PTPP, WIKA bisa lakukan BOW (buy on eeakness), beli ketika harga terkoreksi karena berpotensi naik lagi dalam jangka pendek.

Happy cuan, selamat berinvestasi dengan SADIS, Sabar dan Disiplin.

*** Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN