Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal

Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal

KOPI PAGI

Investor Lokal Mampu Lawan Tekanan Asing

Senin, 15 Juni 2020 | 07:43 WIB
Oleh Hari Prabowo

JAKARTA, Investor.id – Perdagangan akhir pekan lalu menjadi pelajaran berharga bagi investor saham bagaimana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu melawan sentimen pasar global karena kekuatan investor lokal.

Ketika Wall Street dilanda panic selling akibat kekhawatiran terjadinya gelombang ke dua virus corona (Covid-19) yang membuat indeks Dow anjlok 6%, IHSG mampu melawannya. Memang pada awal pembukaan perdagangan Jumat IHSG mengikuti Dow dengan penurunan lebih 2%, tetapi akhirnya IHSG balik arah dan ditutup naik 0,53% diposisi 4880.

Ini kejadian langka. Selama ini, indeks Dow Jones Industrial Average sering menjadi acuan indeks bursa global dan regional sehingga investor menjadikan hal tersebut salah satu analisis pengambilan keputusan.

Namun, pegerakkan arah pasar tidak ada yang sifatnya pasti. Pasar akan bergerak sesuai permintaan dan penawaran dari berbagai kemungkinan pertimbangan lain, bukan hanya indeks Dow saja. Dan itu dibuktikan ketika IHSG mampu pindah ke "jalur hijau" pada perdagangan akhir pekan.

Rupanya Investor lokal punya pertimbangan sendiri dan mampu melawan tekanan investor asing yang melakukan net sell Rp 1,2 triliun Jum'at (12/6/2020)

Dengan berjalannya waktu investor lokal telah bertambah solid dan tidak selalu mengikuti arus investor asing. Selain investor lokal bertambah banyak juga tingkat pemahaman terhadap investasi sehingga mampu melakukan analisis secara mandiri.

Bagaimana prediksi IHSG hari ini? Saya masih optimis IHSG akan berlanjut menguat menuju indek psikologis 5000 setidaknya dalam pekan ini.

Saham-saham yang menjadikan perhatian khusus dengan mempertimbangkan beberapa informasi dan pergerakkan harga terbaru antara lain BBKP, UNVR, TLKM, KRAS dan 4 bank papan atas BBRI BBNI BMRI dan BBCA.

Bank Bukopin masih eforia dengan komitmen Kookmin Bank yang akan menguasi 51% saham BBKP sehingga akhir pekan naik 21% harganya di Rp 206 per saham. Saya prediksikan BBKP masih mampu menuju level Rp 220.

Saham UNVR juga punya potensi kuat menuju Rp 8.500 setelah beberapa hari bertahan di Rp 8200. Demikian pula TLKM saya kira hari ini tekanan asing semakin berkurang dan kemungkinan bergerak keharga Rp3.200.

Namun sekali lagi saya ingatkan bahwa kenaikan IHSG akan terukur dan belum bisa signifikan mengingat kondisi saat ini masih banyak kendala terutama masalah perkembangan covid-19. Untuk itu jangan terlalu berlebihan menetapkan target profit taking

*** Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN