Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hari Prabowo, Ketua LP3M Investa, dan pengamat pasar modal.

Hari Prabowo, Ketua LP3M Investa, dan pengamat pasar modal.

KOPI PAGI

Mencermati Prospek BBKP, MCOR, BBNI dan BBTN

Jumat, 11 Juni 2021 | 08:08 WIB
Oleh Hari Prabowo

Investor.id- Saham perbankan saat ini sedang manggung, jadi perhatian investor, yang terlihat dari frekuensi dan nilai transaksi yang meningkat akhir-akhir ini. Sejak mencuatnya eforia bank digital telah melambungkan pula harga beberapa saham bank yang sebelumnya ada di papan bawah.

Tengok saja harga saham INPC, BBHI, BGTG, BVIC, BNBA yang rerata secara YTD (sejak awal tahun ini) sudah naik lebih 100%.

Ini berbeda dengan sahan Bank papan atas seperti BBNI, BMRI, BBCA yang justru mengalami penurunan harga dibanding awal tahun dan hanya saham BBRI yang tumbuh 3%.

Akan diperbaruinya POJK tentang bank digital menjadi katalis bagi saham-saham bank untuk manggung. POJK baru akan mengelompokkan bank digital dalam dua jenis. Pertama, bank baru yang menerapkan sistem digital secara penuh (fully digital). Kedua, bank lama (existing) yang bertransformasi menjadi bank digital.

Pada bank fully digital, nasabah bisa menikmati fasilitas layanan secara mandiri, dari membuka rekening, menyimpan dana, mendapatkan pinjaman, hingga menikmati layanan keuangan lainnya.

Saat ini terdapat lima yang telah 'menobatkan diri' sebagai bank digital penuh (fully digital), yaitu Jenius (PT Bank BTPN Tbk), Wokee (PT Bank KB Bukopin Tbk), Digibank (Bank DBS), TMRW (Bank UOB), dan Jago (PT Bank Jago Tbk).

Dan terdapat tujuh bank yang dalam proses go digital atau menjadi bank digital. Bank-bank yang tengah melakukan proses menjadi bank digital, antara lain, Bank BCA Digital, PT BRI Agroniaga Tbk (AGRO), PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB), PT Bank Capital Tbk (BACA), PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI), PT Bank QNB Indonesia Tbk (BKSW), dan PT Bank KEB Hana.

Saham perbankan sangat menarik untuk mengisi portofolio karena dari sisi bisnis dalam jangka panjang sangat prospektif. Perkembangan teknologi telah membuat perbankan cepat menyesuaikan diri untuk pelayanan yang lebih efektif dan efisien kedepan sehingga diharapkan akan menghasilkan laba yang memadai.

Dengan mempertimbangkan prospek perusahaan yang didasarkan pada informasi terkini termasuk mengenai apa yang akan dilakukan manajemen maka ada beberapa saham bank yang juga layak dicermati seperti BBKP, MCOR, BBNI dan BBTN.

BBKP yang saat ini dikendalikan Kookmin Bank salah satu bank yang punya prospek kedepan bagus. Apalagi kasus hukum yang sebelumnya menjadi kendala kini sudah mulai mencair dan bahkan antara Kookmin bank dan Bosowa sepakat untuk konsen mengembangkan usahanya.

BBKP juga baru mendapat kenaikan peringkat dari Pefindo menjadi idAAA (peringkat tertinggi) untuk obligasi subordonasi. Dan bank tersebut berencana untuk melakukan right issue. Masalah likuiditas juga di informasikan sudah teratasi 77% sehingga tidak ada lagi penundaan pembayaran.

Saham berkode MCOR menjadi saham yang paling tertinggal harganya dibanding saham bank di kelasnya sehingga dari sisi Price Earning Ratio / PER dan Price Book To Value / PBV nya jadi relatif rendah. Biasanya sesama sektor akan saling mempengaruhi sehingga saham MCOR ini ada kecenderungan untuk menyesuaikan saham bank yang lain.

Demikian pula saham bank plat merah BBNI dan BBTN juga merupakan saham yang relatif murah dibanding saham BBRI, BMRI dan BBCA. Bank BBNI dan BBTN adalah bank yang solid dan mempunyai fundamental dan prospek yang baik.

Masihkah saham-saham bank akan menjadi motor penggerak IHSG hari ini?

*** Hari Prabowo: Ketua LP3M Investa, pengamat pasar modal.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN