Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat Pasar Modal.

Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat Pasar Modal.

KOPI PAGI

Menikmati Trading Awal Tahun 2021

Senin, 4 Januari 2021 | 07:22 WIB
Oleh Hari Prabowo

Investor.id – Hari ini menjadi awal perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia untuk tahun 2021, setelah para investor melalui tahun 2020 yang sulit dan bergelombang. Meskipun demikina, banyak yang merasa "happy" karena menikmati keuntungan berdagang saham, terutama menjelang tutup tahun lalu.

Banyak hal yang tidak terduga terjadi tahun lalu, dan ini bisa menjadikan pengalaman para investor dalam bertransaksi, khususnya menerapkan strategi saat kondisi pasar sedang sulit akibat pandemi Covid-19.

Satu hikmah yang sangat berharga adalah tumbuhnya investor lokal yang signifikan sehingga menciptakan nilai transaksi yang naik melebihi target harian bursa. Sejunlah perusahaan sekuritas banyak mendapat limpahan nasabah baru serta omzet transaksi yang naik, namun tak sedikit yang berguguran.

Pandemi juga mempengaruhi para emiten di bursa, ada yang melambat kinerjanya bahkan merugi, tetapi sebaliknya ada yang justru meraih keuntungan dari situasi pandemi ini.

Apakah tahun 2021 ini situasi bursa akan lebih baik dari 2020? Tidak mudah memprediksinya, karena bergantung penyebab utamanya yaitu bagaimana pandemi Covid-19 ini bisa teratasi dengan baik. Tibanya vaksin ke Indonesia memberi harapan bahwa pemulihan ekonomi pada 2021 sudah di depan mata.

Pemerintah telah bekerja keras untuk mengatasi masalah virus corona yang menyebar secara eksponensial. Vaksin sudah didatangkan, meski masih banyak kendala yang akan dihadapi, seperti masalah pengadaan, distribusi, anggaran, dan kapasitas produksi dari produsen vaksin. Jadi kondisi bursa ke depan akan searah dengan perkembangan yang terjadi atas pandemi ini.

Kemungkinan pada kuartal pertama Tahun 2021 ini bursa masih mengalami volatilitas yang tinggi, IHSG akan berfluktuasi dikisaran 5850 sampai dengan 6200.

Ada baiknya investor tetap menggunakan pola trading, engikuti kondisi pasar yang volatile, dengan target terukur tidak berlebihan.

Demikian pula pilihan saham, sebaiknya ada keberanian "menukar" saham-saham kurang prospek ke saham yang lebih baik prospeknya. Walaupun harus melakukan "cut loss" namun dapat dipertimbangkan untuk meraih hasil yang lebih baik ke depannya.

Hal yang positif antara lain bahwa suku bunga saat ini cukup rendah, cadangan devisa dan neraca dagang kita cukup baik, vaksin mulai datang dan segera digunakan. Kita berharap upaya penangan Covid-19 ini bisa berhasil dan tidak ada masalah baru yang lebih rumit.

Hari pertama perdagangan saham Tahun 2021, semoga dibarengi dengan semangat baru setelah para investor libur panjang, semangat untuk "belanja" sehingga kemungkinan IHSG cenderung menguat hari ini. Apalagi kasus positif Covid secara nasional dalam dua hari terakhir menurun.

Saham yang bisa dicermati antara lain TLKM, ADRO, ELSA, BBRI, ANTM, KRAS, ASII dan SMGR. Namun tetap dengan pola trading dan disiplin mengikuti arah pasar. Selamat menikmati trading awal tahun, happy trading 2021.

*** Hari Prabowo, Ketua LP3M INVESTA dan pengamat pasar modal.

Editor : Listyorini (listyorini205@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN