Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
GoTo Gojek Tokopedia

GoTo Gojek Tokopedia

Skenario Greenshoe GOTO Terkuak, Rebound Menanti?

Rabu, 27 April 2022 | 13:11 WIB
Lona Olavia

JAKARTA, investor.id- PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dalam menjalankan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham beberapa waktu lalu terbilang sukses besar. Namun sayangnya harga sahamnya anjlok bahkan stabilisasi harga (greenshoe) senilai Rp 2,02 triliun telah habis tak bersisa.

Menurut sumber yang mengetahui strategi ini, investor salah menafsirkan dana greenshoe ini yang telah ludes dan mengira emiten akan lepas kontrol. Padahal saat ini GOTO akan melakukan roadshow ke Amerika dan Eropa pada bulan depan. Bahkan sudah banyak investor institusi atau dana pensiun yang justru membeli dalam jumlah besar.

Baca juga: Stabilisasi Saham, GOTO Telah Realisasikan Rp 2,02 Triliun

Kekhawatiran investor ini memang sudah diprediksi dari semula. Bahkan, inilah strategi yang jago untuk membuat psycholgy market “ketakutan” dengan melepas saham GOTO. Padahal situasi panik ini yang diharapkan dan di tunggu para market maker.

Skenario ini justru berdampak positif karena investor yang telah membeli IPO telah menjual kembali sahamnya pada harga IPO, sehingga sangat mudah saham GOTO untuk naik harganya karena barang tersebut masuk kedalam treasury kembali dan di jual harus melebihi harga belinya dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Penurunan Berlanjut, Saham GOTO Terlempar dari Posisi Empat Market Cap Terbesar

Jika dirunut Desember tahun lalu, pre-IPO GOTO telah mendapatkan dana senilai Rp 20 triliun atau Rp 377 per saham dan di bulan yang sama GOTO melakukan buyback senilai Rp 2 triliun atau Rp 378 per sahamnya. Dari hasil buyback inilah yang dijual sebagai greenshoe.

Praktisi Pasar modal Joelis Sinaga mengatakan menarik melihat selisih harga pre-IPO GOTO Rp 378 dengan harga IPO Rp 338 atau selisih Rp40. Menurutnya, konsorsium GOTO lebih solid dan hebat dalam bermanuver. Menurutnya, GOTO pasti akan kembali melewati harga IPO karena merka akan melakukan proses IPO di Amerika. Apalagi terdengar kabar bahwa GOTO lebih menginginkan dana besar di Amerika dibanding IPO di Indonesia yang hanya sebesar Rp 15,8 triliun.

Editor : Lona Olavia (olavia.lona@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN