Menu
Sign in
@ Contact
Search

Hotel Panen Rezeki

Jumat, 11 November 2011 | 08:12 WIB
Oleh Tommy Pardede dan Alex Dungkal (redaksi@investor.id)

JAKARTA – Industri perhotelan dan pariwisata di Jakarta dan Palembang kebanjiran rezeki dari pesta olahraga negara-negara se-Asia Tenggara (SEA Games) ke-26. Total belanja untuk akomodasi dan kebutuhan lain yang terkait pesta dua tahunan ini ditaksir mencapai Rp 50 miliar per hari.

Di Jakarta, 50 hotel dipenuhi para atlet dan ofisial dari berbagai negara. Di Palembang, setidaknya ada 20 hotel yang menampung peserta SEA Games. Dengan tarif kamar hotel di Jakarta rata-rata Rp 300-400 ribu per malam, berarti jasa perhotelan meraup Rp 25-30 miliar per hari. “Ini belum termasuk hotel-hotel di Palembang,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Carla Parengkuan kepada Investor Daily, di Jakarta, Kamis (10/11).

Carla mengakui, industri perhotelan dan pariwisata merupakan sektor yang paling banyak menikmati rezeki dari event-event besar seperti SEA Games kali ini. “Perkiraan belanja tadi baru untuk kamar hotel, belum lagi belanja lainnya, seperti makan, transportasi lokal, suvenir, dan jasa penerbangan,” jelas Carla.

Carla Parengkuan belum bisa menghitung secara rinci peredaran uang selama berlangsungnya SEA Games di Jakarta dan Palembang. Sebab, masih banyak transaksi lain selama sepuluh hari penyelenggaraan SEA Games, seperti belanja pribadi atlet.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com