Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat bincang-bincang tentang pelaksanaan balap sepeda Velocity Criterium dengan Beritasatu Media Holdings, Senin (20/6/2022)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat bincang-bincang tentang pelaksanaan balap sepeda Velocity Criterium dengan Beritasatu Media Holdings, Senin (20/6/2022)

Velocity Criterium Jadi Momentum Kebangkitan Pariwisata Berbasis Olahraga

Senin, 20 Juni 2022 | 16:24 WIB
Mardiana Makmun (mardiana@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung ajang balap sepeda Velocity Criterium yang digelar di Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada 26 Juni 2022. Ajang ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan pariwisata berbasis olahraga.

“Velocity Criterium ini event yang ditunggu-tunggu. Saya pernah ikut criterium di Ancol, Sentul, pernah nyoba juga di Jiexpo Kemayoran. Banyak KOL yang mendukung dan kita harapkan Velocity Criterium pada 26 Juni di Meikarta berlangsung lancar dan baik untuk kebangkitan olahraga dan pariwisata karena sekarang pariwisata berbasis olahraga dan sepeda menjadi ungggulan. Kemenparekraf beterima kasih sekali dan semoga Velocity Criterium memberikan lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat bincang-bincang dengan Beritasatu Media Holdings secara daring, Senin (20/6/2022).

Harapan sama juga dikatakan Ketua Dewan Pembina Velocity, Primus Dorimulu. “Kami Beritasatu Media Holdings mendukung perkembangan pariwisata tanah air sehingga melahirkan Velocity untuk mendorong budaya bersepeda di seluruh elemen bangsa ini. Tujuannya agar lahirlah pesepeda pesepeda berpestasi di ajang internasional. Olahraga sepeda kita harapkan jadi sport tourism untuk mendorong pariwisata. Selama ini di dunia, kalau ada even olahraga, itu mendorong pariwisata, selalu mendatangkan banyak orang. Nah, kita ada Tour de Singkarak, Tour de Flores, dan kini Velocity Criterium,” kata Primus Dorimulu.

Primus juga optimistis, sebagai sport tourism, Velocity akan mendorong industri lokal berkembang. “Ada sepeda Polygon, produk lokal. Velocity ini mendorong olahraga sepeda, industri sepeda dan apparel dari topi sampai sepatu. Olahraga sepeda juga sesuai dengan tiga visi Presiden, yaitu hilirisasi, digitalisasi, dan ekonomi hijau,” ujar Primus.

Vice Chairman Velocity, Anthony Wonsono melihat, sepeda sebagai olahraga prestasi dan gaya hidup harus diberi ruang seluas-luasnya. “Kita melihat olahraga sepeda ini pertumbuhannya luar biasa. Karena itu, dalam 3 tahun ke depan kami akan kembangkan Velocity ke dalam ekosistem media dengan berbagai konten menarik dan membuat seri race terbesar di Indonesia, dengan brand Velocity di 10 kota,” ungkap Anthony.

“Kita harapkan kegiatan ini mengangkat olahraga sepeda Indonesia ke level internasional dan menghadirkan audiens dari berbagai negara. Kita melihat di sepeda banyak sekali kegiatannya. Juni bikin criterium. Kami yakin Velocty ini akan jadi kick off bagi 9 acara kami selanjutnya. Untuk beberapa event berikutnya akan bikin format balap yang berbeda-beda, sampai puncaknya di 2023 adalah Tour de Flores,” harap Anthony.

3 Kategori Balap

Event perdana Velocity Criterium akan diselenggarakan pada, Minggu 26 Juni 2022 bertempat di Meikarta Central Park, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Perlombaan ini terbagi dalam enam kategori balapan, masing-masing diikuti 50 peserta. Setiap kategori punya jarak tempuh berbeda, dengan kisaran 11,5 km sampai dengan 23 km.

“Peserta yang diberi kesempatan untuk mengikuti lomba gabungan antara kategori atlet maupun non atlet. Medali pemenang akan diberikan kepada 3 pembalap tercepat dari setiap kategori yang dilombakan,” ujar Event Director Velocity, David Batubara.
Rangkaian perlombaan yang digagas Velocity telah didaftarkan secara resmi ke federasi, dalam hal ini Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonsia (PB ISSI). Dengan demikian, rangkaian perlombaan Velocity menjadi bagian dari agenda kegiatan resmi PB ISSI.

Velocity Criterium yang merupakan ajang seri balap sepeda terbesar di Indonesia didukung penuh
oleh Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) sebagai satu-satunya organisasi resmi pengawas sepeda di
Indonesia. Velocity juga berkerja sama dengan beberapa komunitas dan pesepeda profesional. Velocity akan dipromosikan oleh KOL yang sangat berpengaruh pada setiap segmen dan kelasnya. Tidak hanya
KOL saja, Criterium ini juga akan dihadiri oleh para publik figur seperti artis dan pejabat, untuk
kemudian turut berpartisipasi dalam event.

Velocity mempunya misi meningkatkan ekosistem bersepeda di Indonesia. Community, Race, Lifestyle,
dan Leisure menjadi pilar penting yang saling mendukung, agar sepeda menjadi bagian penting dari
kehidupan masyarakat. Pada akhirnya kegiatan sepeda berkembang menjadi Sport Tourism yang ikut
memajukan industri pariwisata Indonesia.

Editor : Mardiana Makmun (mardiana.makmun@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN