Menu
Sign in
@ Contact
Search
Preview Uruguay vs Korea Selatan. (Foto: B1/Rommy)

Preview Uruguay vs Korea Selatan. (Foto: B1/Rommy)

Uruguay vs Korsel: Ada Kejutan Lagi dari Asia?

Kamis, 24 November 2022 | 16:32 WIB
Zumrotul Muslimin (redaksi@investor.id)

DOHA, investor.id – Laga ketat bakal tersaji saat Uruguay vs Korea Selatan bentrok pada matchday 1 Grup H Piala Dunia 2022 Stadion Education City, Doha, Kamis (24/11/2022) pukul 20.00 WIB. Akankah Korsel mengikuti Jepang dan Arab Saudi yang mampu membalikkan prediksi banyak orang?

Di atas kertas, Korsel memang tak diunggulkan dalam pertandingan ini. Bukan tanpa alasan kenapa Korsel masih ada di bawah Uruguay. Dalam lima pertemuan terakhir, Tim Ginseng hanya mampu sekali menang. Sisanya berakhir dengan kekalahan.

Itu dari statistik. Kompisisi pemain juga masih unggul Uruguay. Lihat saja pemain yang datang ke Qatar. Hampir semuanya berstatus bintang dan bermain di klub top. Sebut saja Darwin Nunez, Luis Suarez, Edinson Cavani, Rodrigo Bentancur, hingga Federico Valverde.

Baca juga: Mendagri Jerman Pakai Ban OneLove di Piala Dunia Meski Dilarang

Sayangnya tim berjuluk La Caleste ini datang ke Qatar dengan modal yang tidak begitu bagus. Dalam empat pertandingan terakhir, mereka hanya mampu meraih dua kemenangan. Sisanya satu kali imbang dan sekali kalah. Bahkan kekalahan diderita dari tim Asia yakni Iran.

Di sisi lain, Korsel tidak pernah kalah dalam tiga pertandingan terakhir mereka. Taeguk Warriors berhasil menang dua kali dan sekali imbang. Dua kemenangan tim asuhan Paulo Bento ini diraih dari Kamerun dan Islandia.

Soal kualitas pemain, Korsel juga tidak kalah dari Uruguay. Negara peringkat 28 FIFA itu tidak pernah berhenti melahirkan talenta hebat yang berkarier di Benua Biru. Di antaranya Son Heung-ming, Kim Min-jae, hingga Hwang Hee-Chan.

Baca juga: Piala Dunia Tanpa Masker Picu Kemarahan di Tiongkok

Khusus untuk Son, pemain Uruguay harus benar-benar mengawalnya jika tidak ingin terjadi petaka. Memang Son tidak dalam top perform. Pemain 30 tahun itu hanya mencetak 5 gol dan 2 assist bersama Tottenham Hotspur dalam 19 laga di musim ini. Namun membiarkan Son bebas, sama saja membahayakan gawang sendiri.

Kalau Korsel punya Son, maka The Sky Blue ada Suarez. Meski sudah tidak muda lagi, bukan berarti Suarez telah habis. Bersama klubnya, Nacional, mantan pemain Barcelona itu masih mampu mencatatkan 6 gol dan 3 assist dari 13 laga. Sebuah catatan yang moncer untuk striker yang sudah berumur.

Mampukah Suarez kembali membuat Uruguay kembali menjadi raksasa sepak bola. Yup, puluhan tahun lalu Uruguay sempat dijuluki raksasa setelah menang dua piala dunia dan 15 Copa America. Namun kini Uruguay sulit menandingi keperkasaan tetangga seperti Argentina dan Brasil.

Baca juga: Gagal Main di Piala Dunia 2022, Karim Benzema Curhat

Beda dengan Korsel yang tak punya target khusus di Piala Dunia 2022. Mereka hanya ingin menikmati tantangan yang ada di depan mata. Setidaknya bisa melewati penyisihan grup. Namun sebelum memikirkan tujuan itu, Son dan kawan-kawan perlu meredam Uruguay. Mampukah?

Perkiraan susunan pemain:

Uruguay: Sergio Rochet, Mathias Olivera, Sebastian Caceres, Martin Caceres, Guillermo Varela, Nicolas De La Cruz, Federico Valverde, Rodrigo Bentancur, Agustin Canobbio, Darwin Nunez, Luis Suarez

Korea Selatan: Kim Seung-Gyu, Park Ji-soo, Hong Chul, Yoon Jong-gyu, Kwon Kyung-won, Kwon Chang-hoon, Jung Woo-young, Paik Seung-ho, Kim Young-Gwon, Song Min-kyu, Cho Gue-sung

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com