Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Erick Thohir Jadi Calon Ketua Umum PSSI, Presiden Disebut Merestui

Senin, 16 Jan 2023 | 18:34 WIB
Pudja Lestari (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan pengajuan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon ketua umum PSSI sudah melalui izin dari Presiden Joko Widodo.

Pramono memastikan posisi Erick yang masih menjabat sebagai menteri kabinet membuatnya harus mengantongi izin presiden sebelum dapat mendaftar menjadi ketua umum PSSI.

Baca juga: Baru 2 Orang yang Jadi Caketum PSSI, LaNyalla dan Erick Thohir

Ketika ditanya apakah pencalonan Erick sebagai ketua umum PSSI mengharuskan Menteri BUMN tersebut untuk mundur dari jabatannya, Pramono menjawab hal teknis tersebut akan diungkapkan Istana setelah ada hasil pemilihan ketua umum PSSI. Menurutnya, terpilih atau tidaknya Erick sebagai ketua umum PSSI akan bergantung pada pemilihan suara dari peserta kongres.

Advertisement

“Pasti Pak Erick kalau mau maju apa aja pasti dilaporkan ke pak presiden, pasti dilaporkan. Tentang iya atau enggak kan terserah, dan yang paling menentukan kan voters, pemilih, di PSSI sendiri,” jelas Pramono usai menghadiri Sidang Paripurna Kabinet di Istana Negara, Jakarta pada Senin (16/1/2023).

Baca juga: Dampingi Jokowi di Topping Off Stadion Indoor GBK, Erick Thohir: Pertama dan Terbesar di Indonesia

Pramono memastikan Erick tidak akan melakukkan intervensi untuk dapat terpilih menjadi ketua umum PSSI. Menurut Pramono, peserta kongres memiliki hak penuh dalam menentukan ketua umum PSSI, yaitu Erick Thohir atau La Nyalla Mattalitti.  “Sekarang terserah ke pemilih, apakah pilih Pak Erick atau La Nyalla, atau siapapun jadi calon,” kata Pramono.

Apabila Erick terpilih menjadi ketua umum PSSI, masih belum dapat dipastikan apakah Erick akan memegang dua jabatan, sebagai Menteri BUMN dan sebagai ketua umum PSSI. Namun, Pramono memberi sinyal bahwa Erick besar kemungkinan tidak akan merangkap jabatan. “Jangan berandai-andai,” ungkap Pramono.

Baca juga: Erick Thohir: Konser Salam Satu Jiwa Cermin Solidaritas bagi Korban Tragedi Kanjuruhan

Sebelumnya Erick Thohir resmi mencalonkan diri maju di Kongres Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mendatang. Erick sendiri menjadi calon kedua yang resmi mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua Umum PSSI periode 2023 - 2027 mendatang, setelah sebelumnya, Mantan ketua PSSI yang juga Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mattalitti mendaftarkan diri pada Jumat (13/1) kemarin.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com