Menu
Sign in
@ Contact
Search
Zainudin Amali

Zainudin Amali

Dukung Erick atau LaNyalla? Begini Jawaban Menpora

Senin, 16 Jan 2023 | 18:55 WIB
Hendro D Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendukung langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalati mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

Baca juga: Erick Thohir Jadi Calon Ketua Umum PSSI, Presiden Disebut Merestui

Namun ketika ditanyakan, mendukung tokoh lama atau baru di sepak bola, Menpora tertawa. "Hahaha....Saya tidak mau menjawab pertanyaan itu. Itu jebakan bila saya jawab. Kamu ini ya, pintar buat pertanyaan. Mau lama atau baru, pokoknya saya mendukung keduanya yang serius ingin memajukan sepakbola Indonesia," katanya kepada Beritasatu.com di kantor Kemenpora, Senin (16/1/2023)

Diketahui LaNyalla sosok lama di dunia sepak bola. Kariernya berawal sebagai pengurus Asprov PSSI Jawa Timur. Kemudian naik ke tingkat pusat sebagai Wakil Ketum PSSI merangkap Kepala Bidang Timnas saat PSSI dipimpin Djohar Arifin Husin, 2013-2015. Kemudian ke puncak sebagai Ketua Umum PSSI terpilih pada 2015-2019.

Advertisement

Baca juga: Baru 2 Orang yang Jadi Caketum PSSI, LaNyalla dan Erick Thohir

Sementara Erick Thohir memang terbilang baru untuk PSSI. Namun dia sudah cukup lama dekat dengan sepak bola sebagai pemilik beberapa klub, mulai Persib Bandung, Persis Solo, hingga Inter, Washington DC, dan Oxford United. Erick lebih lama terjun di cabang olahraga bola basket.

Duel Erick versus LaNyalla, umpama turnamen, sudah babak grand final. Keduanya layak, punya bobot, bibit, bebet untuk duduk di kursi panas Ketum PSSI. Kini tinggal siapa paling lihai merayu voter, pemilik hak suara, penentu siapa pemenang.

Menurut Menpora Amali, waktu pendaftaran calon ketum PSSI masih dibuka sampai Senin (16/1/2023). Oleh karena itu, para kandidat diminta untuk menunggu tahapan yang ada.

Baca juga: Persiapan Piala Dunia U20, Menpora dan Erick Thohir Temui Presiden FIFA

“Kan sudah mendaftar, tunggu saja. Kita tunggu saja, ini kan komite pemilihan dan komite banding sudah disahkan, tunggu saja. Hari-hari berikutnya kan masih panjang waktunya,” papar Amali.

Sebelumnya, LaNyalla Mahmud Mattalati dan Erick Thohir resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketum PSSI untuk periode 2023-2027. PSSI akan memilih kepengurusan baru lewat Kongres Luar Biasa (KLB) pada Februari mendatang.

Kongres ini dipercepat dari jadwal sebelumnya pada November 2023 buntut dari tragedi Kanjuruhan, Malang. Sebab, hasil investigasi TGPF menyatakan agar PSSI mempercepat menggelar KLB.

 

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com