Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi Kongres PSSI. (Foto: ANTARA)

Ilustrasi Kongres PSSI. (Foto: ANTARA)

Waspadai Orang-Orang yang Hanya Cari Untung di PSSI

Selasa, 24 Jan 2023 | 14:00 WIB
Jaja Suteja (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Kanjuruhan yang juga jurnalis senior, Anton Sanjoyo, meminta calon ketua umum (caketum) PSSI untuk mewaspadai asosiasi provinsi (asprov) dan komite eksekutif (exco) yang kerjanya hanya mencari untung di tubuh PSSI.

Ia mengaku tahu benar sebetulnya masalah persepakbolaan Indonesia itu bukan cuma di federasi sepak bola.

"PSSI memang sangat bermasalah karena orang-orangnya itu-itu juga. Dan sekarang kalau pun ada 2 calon ketum PSSI yang paling dominan, apakah mereka mampu mengendalikan exco yang notabene dan dipilih oleh voters?" katanya dalam acara Kasih Paham bertajuk ‘Masa Depan Sepak Bola Indonesia’ yang disiarkan BTV, Senin (23/1/2023).

Baca juga: Petinggi Klub Sepak Bola Ini Sebut Bau Busuk PSSI Harus Segera Dibenahi

Advertisement

Untuk voters atau pemilik suara kongres PSSI nanti, lanjut Anton, yang berasal dari klub sepak bola, ia masih mempercayai karena masih memakai nalar kecerdasan dan otak.

Voters memang memegang peranan dalam memilih exco. Maka dari itu, klub yang benar harus kompak memilih pengurus PSSI yang mau mengurus dan mengembangkan sepak bola Indonesia.

Baca juga: Jadi Bakal Calon Ketum PSSI, Erick Thohir Singgung soal Ekosistem

"Tetapi untuk voters dari asprov, saya sampaikan bahwa mereka itu memang hanya butuh duit saja datang ke kongres atau KLB, alias butuh uang saku saja dan mereka tidak memikirkan sepak bola ke depannya sama sekali," ungkap Anton.

Ia pun mempertanyakan adakah orang-orang di exco sekarang peduli pada pembinaan usia muda dan mau berdarah-darah membuat kompetisi usia muda? Jawabannya, kata dia, tidak ada.

Baca juga: Mengapa Menpora Zainudin Amali Siap Mundur demi Jabatan Wakil Ketum PSSI?

"Mungkin mereka pengusaha, orang-orang hebat di perusahaan, politisi yang hebat, tetapi untuk membangun sepak bola kan bukan cuma dibutuhkan orang-orang yang hebat pada bidangnya, tetapi yang mau betul-betul bekerja untuk sepak bola," ungkapnya.

Menurut dia, selama orang-orang lama (exco) masih berada di dalam kepengurusan, PSSI tidak akan ada perubahan. “Ini harus menjadi titik awal dari pembenahan sepak bola secara nasional dan dimulai dari federasi PSSI," pungkasnya.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com