Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi PSSI. (Foto: istimewa)

Ilustrasi PSSI. (Foto: istimewa)

PSSI adalah Akar Masalah Sepak Bola Indonesia

Selasa, 24 Jan 2023 | 14:18 WIB
Hendro D Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Koordinator Save Our Soccer (SOS) yang juga anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Kanjuruhan, Akmal Marhali menegaskan bahwa masalah sepak bola Indonesia selama ini akarnya ada di tubuh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sendiri. Ketika akar masalah ini tidak dibenahi, maka akan terus tumbuh masalah silih berganti.

"Waktu memberi laporan TGIPF kepada Presiden Jokowi, saya menegaskan bahwa masalah sepak bola Indonesia ada di akarnya. Ketika akar masalah ini tidak dibenahi, maka akan tumbuh masalah, tumbuh masalah, dan tumbuh masalah lagi," katanya dalam acara Kasih Paham bertajuk ‘Masa Depan Sepak Bola Indonesia’ yang disiarkan BTV, Senin (23/1/2023).

Baca juga: Waspadai Orang-Orang yang Hanya Cari Untung di PSSI

Menurutnya, akar masalahnya pertama yakni SDM pengelola kompetisi termasuk di dalamnya PSSI. Ini yang paling penting karena pemimpin adalah teladan bagi anggotanya. Kalau pemimpinnya tidak bisa memimpin dengan benar, maka di bawahnya pasti berantakan.

Advertisement

"Ini faktor penyulut utama dan tidak pernah ada baiknya sepak bola kita di tangan mereka para pengurus PSSI," ucap Akmal.

Masalah kedua adalah drama-drama pengaturan skor, pengaturan juara dan match fixing, match acting, serta match setting. Ia mengaku hal ini semuanya benar-benar terjadi di sepak bola Indonesia.

Baca juga: Petinggi Klub Sepak Bola Ini Sebut Bau Busuk PSSI Harus Segera Dibenahi

Untuk itu, Akmal meminta peran negara di dalamnya, dalam hal ini kepolisian untuk masuk dalam tubuh PSSI. Sebelumnya, pernah dibentuk Satgas Antimafia Bola, tetapi kemudian selesai begitu saja tidak sampai menyelesaikan masalah hingga tuntas.

"Jadi saya sampaikan pada Presiden Jokowi, akar masalahnya harus dibenahi sampai tuntas dan selesai. Kenapa, karena dulu PSSI pernah dibekukan oleh pemerintah. Tetapi tidak ada hasil apa-apa. Kenapa, karena tidak dipenuhi akar masalahnya dan yang jadi pengurus orangnya itu-itu aja, sehingga sepak bola kita terus bermasalah," ungkap Akmal.

Baca juga: Jadi Bakal Calon Ketum PSSI, Erick Thohir Singgung soal Ekosistem

Ia menjelaskan, kalau masalah sepak bola Indonesia ini tidak dibenahi dari akar masalahnya, maka sampai kapanpun dan siapapun yang menjadi Ketua Umum PSSI, pasti akan tetap bermasalah terus.

"Jadi memang sudah waktunya Presiden yang turun tangan membenahi hal ini karena memang luar biasa sekali sepak bola kita ini. Bayangkan empat ketum terakhir tidak pernah selesai hingga masa kepengurusannya. Semuanya lengser," pungkas Akmal.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com