Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

DKI Beri Bonus Prestasi 59 Atlet Sea Games

Selasa, 4 Agustus 2015 | 15:21 WIB
Oleh Lenny Tristia Tambun

JAKARTA- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta memberikan bonus prestasi kepada 59 atlet DKI yang meraih medali emas, perak dan perunggu dalam perhelatan SEA Games XXVIII 2015 di Singapura.

Bonus diberikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kepada perwakilan tiga atlet yang meraih medali terbanyak, pelatih yang atletnya berhasil meraih medali serta atlet dan pelatih yang belum berprestasi.

Ketua Umum KONI DKI Jakarta, Raja Sapta Ervian mengatakan, SEA Games di Singapura mempertandingkan 39 cabang olahraga dengan medali yang diperebutkan 403 medali. Kontingen Indonesia yang turut berlaga dalam ajang olahraga internasional ini sebanyak 522 atlet untuk 32 cabang olahraga.

“Dari total jumlah atlet Kontingen Indonesia, di antaranya ada 128 atlet asal DKI. Sedangkan pelatih yang ikut ada 171 pelatih, di antaranya ada 50 atlet asset DKI Jakarta,” kata Raja, dalam acara Penyerahan Penghargaan Tali Asih kepada Atlet Berpretasi dalam SEA Games XXVIII/2015 Singapura, di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (4/8).

Dalam SEA Games, Kontingen Indonesia berhasil meraih 47 medali emas, 61 perak dan 74 perunggu. Dari perolehan tersebut, sebanyak 15 medali emas, 27 medali perak dan 17 medali perunggu diraih oleh atlet DKI Jakarta.

“Sebagai wujud penghargaan atas perjuangan atlet dan pelatih dalam meraih prestasi di ajang perhelatan internasional, maka Pemprov DKI melalui Koni DKI memberikan tali asih berupa uang pembinaan,” ujarnya.

Untuk cabang olahraga individu, atlet peraih medali emas diberikan bonus sebesar Rp 200 juta, medali perak Rp 75 juta dan medali perunggu Rp 35 juta. Cabang olahraga individu berpasangan, atlet peraih medali emas mendapatkan bonus sebesar Rp 150 juta, medali perak Rp 60 juta dan medali perunggu Rp 25 juta.

Lalu, cabang olahraga beregu, atlet peraih medali emas masing-masing mendapatkan Rp 100 juta, medali perak Rp 40 juta dan perunggu Rp 15 juta. Sedangkan bagi pelatih yang berhasil menghantarkan atletnya meraih medali, mendapatkan bonus Rp 75 juta untuk medali emas, Rp 50 juta untuk medali perak dan Rp 25 juta untuk medali perunggu.

“Atlet maupun pelatih yang belum berhasil, tetapi kami berikan uang saku sebesar Rp 6 juta per orang. Bonus ini diberikan bukan menjadikan tujuan agar atlet lebih mengejar bonus. Ini merupakan apresiasi kami untuk mengajak kalian semua lebih berprestasi. Karena masih ada PON, SEA Games dan Asian Games. Harapan kami, kalian semua harus menjadi juara,” tegasnya.

Ahok mengatakan bangga terhadap prestasi yang diraih atlet DKI mengharumkan nama Indonesia di kancah perlombaan olahraga internasional. Dia sendiri mengharapkan bonus atlet bisa ditingkatkan menjadi Rp 300 juta. “Harusnya juara 1 dikasih Rp 300 juta. Sehingga satu tahun saja dia juara 1 meraih medali emas, berarti dia mempunyai penghasilan sekitar Rp 25 juta per bulan,” ujarnya. (b1)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN