Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Hanya Berumur Pendek

Oleh F Rio Winto dan Iwan Subarkah, Senin, 16 Juli 2018 | 12:00 WIB

Selain sukses penyelenggaraan, kalangan analis biasanya akan menghitung-hitung manfaat turnamen ini bagi perekonomian negara tuan rumah. Sebab, Piala Dunia adalah gelaran yang mahal.

Biaya pembangunan infrastruktur-infrastrukturnya sangat tinggi. Kebanyakan stadion yang menjadi tempat pertandingan biasanya dibangun baru, megah, dan kapasitas penontonnya banyak.

Nantinya akan menjadi perdebatan, apakah manfaat ekonomi yang didapatkan melebihi ongkos yang sudah dikeluarkan.

Vladimir Tikhomirov, kepala ekonom BCS Financial Group, mengatakan, Piala Dunia sudah memberikan publisitas dan keuntungan ekonomi bagi Rusia. Tapi, ia berpendapat manfaat ekonomi itu hanya akan berumur pendek.


Piala Dunia berlangsung sangat baik dan telah memberikan dampak positif dalam hal persepsi dunia terhadap Rusia. Pariwisata terbantu bahkan setelah gelaran usai. Jadi, saya pikir dampaknya positif. Tapi arus kedatangan turis setelah gelaran ini tidak akan signifikan,” kata dia, kepada CNBC, beberapa hari lalu.


Setiap perhelatan olahraga akbar seperti Piala Dunia atau Olimpiade, tambah dia, mendukung perekonomian negara penyelanggara. Ada dorongan bagi sektor pariwisata, jasa, transportasi, dan lain-lain.


Masalahnya adalah biasanya semua itu hanya berumur pendek. Biasanya bakal terjadi resesi pascapenyelenggaraan dan penurunan tajam indeks-indeks yang menunjukkan lonjakan selama penyelenggaraan,” tambah dia.


Hal tersebut benar adanya. Perhotelan dan minuman di Rusia menangguk untung selama Piala Dunia. Tapi belanja untuk barang-barang yang mahal tersendat.

Piala Dunia juga mendorong permintaan domestik untuk kredit perangkat elektronik, terutama TV dan smartphone.

Sementara dealer-dealer mobil di Rusia diperkirakan mencatat kenaikan usai Piala Dunia. Yang jelas, seperti diutarakan FIFA, lebih dari satu juta turis asing mengunjungi 11 kota penyelenggara di Rusia. (nid/az)



Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/home/kedatangan-turis-asing-di-moskow-melonjak-60/177826

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA