Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Bersepeda di Ibukota. Foto ilustrasi: SP/Joanito De Saojoao

Bersepeda di Ibukota. Foto ilustrasi: SP/Joanito De Saojoao

Lima Aktivitas Ini Picu Kenaikan Penjualan Produk Olahraga Selama Pandemi

Jumat, 11 September 2020 | 15:30 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menjaga kesehatan adalah hal yang penting dilakukan terutama di masa pandemi saat ini. Menerapkan pola hidup sehat yang diikuti dengan berolahraga secara rutin dapat menjadi salah satu cara agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

External Communications Senior Lead, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan kegiatan berolahraga menjadi salah satu aktivitas yang sangat digemari oleh masyarakat selama pandemi.

Hal ini ditunjukkan dari data internal Tokopedia yang mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori Olahraga menjadi hampir 3 kali lipat pada Agustus 2020 jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi. Bahkan ada lima aktivitas olahraga yang memicu kenaikan signifikan pada penjualan produk di kategori Olahraga.

“Bersepeda, yoga dan pilates, bermain sepatu roda dan skateboard, golf, serta tenis meja merupakan lima aktivitas olahraga yang paling digemari masyarakat selama pandemi,” ungkap Ekhel dalam keterangan pers diterima Jumat (11/9).

Ekhel menambahkan Sepeda menjadi aktivitas olahraga yang paling banyak mencetak penjualan. Sebab, meningkat hampir 5 kali lipat selama pandemi. Sepeda lipat, sepeda gunung dan sepeda anak menjadi produk sepeda paling populer belakangan ini.

Antusiasme masyarakat terhadap sepeda buatan pegiat usaha lokal pun juga sangat tinggi. Contohnya, sebanyak 200 unit sepeda lipat merek lokal Element Indonesia terjual habis hanya dalam 40 detik lewat peluncuran eksklusif di Tokopedia sehingga berhasil memecahkan rekor MURI untuk penjualan sepeda lipat terbanyak dalam waktu satu menit.

Selain itu, lanjut dia, antusiasme masyarakat terhadap kegiatan yoga dan pilates meningkat signifikan. Hal ini terlihat dari pertumbuhan transaksi peralatan yoga dan pilates di Tokopedia yang melonjak lebih dari 3,5 kali lipat.

Selain mudah dilakukan bagi pemula, yoga dan pilates juga cenderung lebih aman karena dapat dilakukan di dalam rumah.

“Olahraga ini juga tidak hanya berdampak bagi kesehatan fisik, tetapi juga dapat membantu menghilangkan stres terutama di kondisi pandemi saat ini,” paparnya.

Lebih lanjut Ekhel menyebutkan aktivitas selanjutnya adalah sepatu roda dan skateboard. Bermain sepatu roda dan skateboard ternyata menjadi salah satu kegiatan yang digemari selama pandemi. Selain menyenangkan, bermain sepatu roda dan skateboard dapat dilakukan di sekitar tempat tinggal.

Selama pandemi, Tokopedia melihat adanya kenaikan transaksi produk sepatu roda dan skateboard menjadi hampir 4 kali lipat. Selain itu, aktivitas golf menjadi salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan di tengah pandemi sekaligus bermanfaat meningkatkan imun tubuh.

Bahkan, tambah dia, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kegiatan tersebut menjadi lebih digemari masyarakat belakangan ini. Terbukti dari transaksi produk golf di Tokopedia yang melonjak menjadi lebih dari 3 kali lipat.

“Bermain golf ternyata juga dinilai dapat memberikan aktivitas fisik aerobik dengan intensitas sedang, sesuai dengan anjuran World Health Organization (WHO) selama pandemi berlangsung,” tambahnya.

Terakhir, Ekhel menyebutkan Tenis meja atau pingpong ternyata menjadi alternatif olahraga yang dilakukan masyarakat selama berada di rumah. Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi peralatan tenis meja yang menjadi hampir 2,5 kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi.

“Namun, perlu diingat dalam melakukan berbagai aktivitas olahraga di atas, masyarakat diwajibkan selalu mematuhi protokol kesehatan berupa jaga jarak, tidak berkerumun, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun,” tutupnya.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN