Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Menpora Beri Lampu Hijau KONI Gelar Sentra Pembinaan Atlet

Rabu, 11 Januari 2017 | 04:53 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

JAKARTA – Upaya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat untuk menggelar Sentra Pembinaan Atlet Pelapis sebagai feeder Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Perima) akan segera terwujud. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi telah memberikan lampu hijau dengan menyetujui pelaksanaan program KONI Pusat itu mulai 2017.

 

“Kami sudah memberikan paparan tentang program dan usulan anggaran sentra pembinaan atlet pelapis itu. Satlak Prima mendukung. Kemudian baru saja saya bertemu Menpora dan beliau menyetujui usulan KONI ini,” ujar Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn), Tono Suratman dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Senin (9/1).

 

Lebih lanjut Tono menjelaskan, KONI memaparkan kepada Menpora tentang pentingnya pembinaan atlet lapis kedua. Menpora langsung menyetujuinya, karena melihat program tersebut sangat baik dalam menunjang prestasi olahraga Indonesia.

 

“Menurut saya ini langkah baik untuk mengakomodir atlet-atlet yang berprestasi tetapi belum tertampung dalam program Indonesia Prima. Misalkan dari Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat lalu, juara dan peringkat duanya masuk ke Prima. Nah yang lapis berikutnya di urutan 3 sampai 5 perlu terus dibina. Inilah yang menjadi porsi KONI untuk mendukung Satlak Prima,” ucap Tono.

 

Sentra Pembinaan Atlet Pelapis ini direncanakan digelar di 15 kota. Konsep ini sejalan dengan rencana untuk mewujudkan program satu kabupaten/kota membina satu atau lebih cabang unggulan.

 

“Untuk sementara kami tidak muluk- muluk, mulai dengan mempelatdakan atlet pelapisan di 15 Provinsi. Setelah itu baru nanti ditambah ke provinsi yang lain,” jelas dia.

 

Dia menyebut sejumlah provinsi sudah siap untuk mempelatdakan atlet pelapis di 15 provinsi tersebut. Di antaranya, semua provinsi di pulau Jawa 6 provinsi, lalu di Sumatera ada 3 provinsi yakni Sumatera Selatan, Riau, dan Sumatera Utara, kemudian di Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua.

 

Guna lebih mengintensifkan pengguliran program itu, Menpora memerintahkan KONI Pusat untuk berkoordinasi dengan Deputi IV Kemenpora. “Kami akan segera berkoordinasi mengingat pentingnya arti dari program ini demi menyiapkan atlet-atlet muda pelapis,” kata Tono. (rw)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN