Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
LeBron James. Foto: wikipedia.org

LeBron James. Foto: wikipedia.org

Pendapatan Sepanjang Karir LeBron James Bakal Tembus US$ 1 M Pada 2021

Sabtu, 20 Februari 2021 | 16:41 WIB
Indah Handayani (handayani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Meski lapangan hening tanpa penonton yang berimbas pada pemotongan gaji pemain NBA sebesar 20%, para pebasket bintang tetap mampu mengikatkan kontrak sepatu sneaker. Hal tersebut membuat mereka tetap bertengger di jajaran atlit dengan bayaran tertinggi dunia.

Dikutip Reuters, LeBron James tetap menjadi pebasket NBA dengan bayaran tertinggi 2020/2021 setelah mengumpulkan pendapatan sebesar US$ 95,4 juta atau setara Rp 1,34 triliun (Kurs, Rp 14.070). Bahkan pebasket berusia 36 tahun ini diperkirakan pendapatannya akan menembus US$ 1 miliar pada 2021.

Dengan angka tertinggi selama musim 2020/2021 yang dibuat LeBron James merupakan yang ketujuh kalinya selama berturut-turut. Uniknya, pendapatannya tersebut lebih banyak disumbangkan dari sponsor yang diraihnya yaitu mencapai US$ 64 juta. Sedangkan sisanya atau sebesar US$ 31,4 juta berasal dari gajinya membela tim Los Angeles Lakers. Angka total pendapatan tersebut juga menjadi rekor pemain NBA dan tertinggi dalam olahraga tim Amerika.

Pendapatan sepanjang karir LeBron bahkan akan diperkirakan menembus total US$ 1 miliar, termasuk pendapatannya dari luar lapangan sebesar US$ 700 juta. Dengan demikian, LeBron akan bergabung dalam klub atlet aktif yang mampu mencetak pendapatan sepanjang karir sebesar US$ 1 miliar. Bersama dengan para atlet terkaya lainnya, seperti Tiger Woods, Floyd Mayweather, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Di luar lapangan, James telah mencapai sejumlah kekayaan dan ketenaran dari beberapa sponsornya. Kehidupan publiknya sering menjadi subjek pengawasan, dan ia telah ditetapkan sebagai salah satu dari atlet yang berpengaruh dan populer di seluruh Amerika . Ia telah dimasukkan dalam buku, dokumenter, dan iklan televisi. Ia juga membawa beberapa acara seperti ESPY Awards, Saturday Night Live, dan tampil di film tahun 2015, Trainwreck. LeBron dikenal memiliki banyak investasi dalam berbagai jenis bisnis seperti Blaze Pizza hingga menanam saham di klub Liga Inggris Liverpool sejak 2011.

Bahkan disaat virus corona membekukan aksi perusahaan untuk memberikan sponsor kepada atlet, LeBron James bahkan mampu menggandeng PepsiCo. Setelah ia dengan Coca-Cola tidak dapat mencapai perpanjangan kontrak musim gugur lalu untuk kemitraan yang dimulai pada 2003. James diperkirakan akan menandatangani kontrak multi-tahun untuk mempromosikan merek Mountain Dew untuk raksasa makanan ringan dan minuman. Tentu saja ini akan bergabung dengan AT&T, Beats, Nike, Walmart, Rimowa, GMC dan Blaze Pizza dalam portofolio sponsornya.

Stephen Curry menempati urutan kedua pebasket dengan bayaran tertinggi 2020/2021 di NBA dengan penghasilan US$ 74,4 juta, termasuk US$ 40 juta di luar lapangan. Dia kembali berlatih 3 detik untuk Golden State Warriors setelah absen kecuali lima pertandingan musim lalu karena pulih dari cedera tangan. Absennya Curry dan Klay Thompson mendorong Warriors ke rekor liga terburuk, setelah lima pertandingan ke Final NBA.

Di bawah Amour bertaruh pada Curry yang berusia 32 tahun untuk mempertahankan level elitnya. UA meluncurkan Merek Curry pada bulan Desember, model yang mirip dengan apa yang dilakukan Nike dengan Michael Jordan. Ini akan menampilkan perpaduan alas kaki, pakaian dan aksesoris di berbagai olahraga. Kesepakatan Curry's Under Armour bernilai US$ 20 juta setahun, tetapi akan meningkat jika merek tersebut berhasil. Warriors memiliki dua bintang NBA dengan bayaran tertinggi di Curry dan Thompson (No. 8, US$ 43,3 juta), tetapi Brooklyn Nets berhasil memasukan tiga pemainnya dalam datar pebasket dengan bayaran tertinggi, yatu James Harden. Kevin Durant (No. 3, US$ 65,2 juta), Harden (No. 5, US$ 50 juta) dan Kyrie Irving (No. 7, US$ 43 juta) adalah trio yang mahal. Tak heran apabila Nets difavoritkan mampu menggelar jura NBA, bersama dengan Lakers.

Gaji NBA telah meroket selama tiga dekade terakhir, naik sepuluh kali lipat menjadi rata-rata pra-Covid-19 sebesar US$ 9,5 juta per pemain musim lalu. Angka tersebut lebih dari dua kali lipat jumlah pemain bisbol dan tiga kali lipat rata-rata dalam sepak bola. Ada 35 pemain NBA yang dijadwalkan untuk menghasilkan setidaknya US$ 28 juta dalam gaji musim ini sebelum pembayaran escrow, dibandingkan dengan tujuh di MLB dan 12 di NFL. Sepuluh pemain berpenghasilan tertinggi liga diproyeksikan untuk mendapatkan gabungan gaji dan sponsor US$ 558 juta untuk musim 2020-21. (Forbes)

Top 10 Bayaran Tertinggi Pebasket NBA 2020/2021

1. LeBron James

Tim: Los Angeles Lakers

Total Penghasilan: US$ 95,4 juta

Gaji: US$ 31,4 juta

Sponsor : US$ 64 juta

2. Stephen Curry

Tim: Golden State Warriors

Total Penghasilan: USUS$ 74,4 juta

Gaji: USUS$ 34,4 juta

Sponsor : US$ 40 juta

3. Kevin Durant

Tim: Brooklyn Nets

Total Penghasilan: US$ 65.2 juta

Gaji: US$ 31,2 juta

Sponsor : US$ 34 juta

4. Russell Westbrook

Tim: Washington Wizards

Total Penghasilan: US$ 58.1 juta

Gaji: US$ 33 juta

Sponsor : US$ 25 juta

5. James Harden

Tim: Brooklyn Nets

Total Penghasilan: US$ 50 juta

Gaji: US$ 33 juta

Sponsor : US$ 17 juta

6. Giannis Antetokounmpo

Tim: Milwaukee Bucks

Total Penghasilan: US$ 49 juta

Gaji: US$ 22 juta

Sponsor : US$ 27 juta

7. Klay Thompson

Tim: Golden State Warriors

Total Penghasilan: US$ 43.3 juta

Gaji: US$ 28,3 juta

Sponsor : US$ 15 juta

8. Kyrie Irving

Tim: Brooklyn Nets

Total Penghasilan: US$ 43 juta

Gaji: US$ 26 juta

Sponsor : US$ 17 juta

9. Chris Paul

Tim: Phoenix Suns

Total Penghasilan: US$ 40.1 juta

Gaji: US$ 33.1 juta

Sponsor : US$ 7 juta

10. Damian Lillard

Tim: Portland Trail Blazers

Total Penghasilan: US$ 39 juta

Gaji: US$ 25 juta

Sponsor : US$ 14 juta

 

Sumber: Forbes

 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN