Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Event sport tourism digelar sebagai bagian dari pemanfaatan potensi pariwisata di Waduk Jailuhur.

Event sport tourism digelar sebagai bagian dari pemanfaatan potensi pariwisata di Waduk Jailuhur.

Tekad Jasa Tirta II Wujudkan Ketahanan Air & Kedaulatan Energi

Sabtu, 7 September 2019 | 07:10 WIB

Jatiluhur, investor.id - Perum Jasa Tirta II mendorong proses  transformasi di bidang pengusahaan dan pengelolaan sumber daya air (SDA) sebagai bagian dari diversifikasi usaha. Strategi ini ditempuh untuk mengoptimalkan potensi usaha dari kewenangan yang diberikan pemerintah dalam pengeloaan SDA.

"Sebagai mitra strategis Pemerintah dalam pengusahaan dan pengelolaan SDA, kami terus mengupayakan agar sektor SDA benar-benar dapat memakmurkan rakyat di bidang ketahanan energi, ketahanan air, dan kedaulatan pangan melalui konsep one river one management oleh BUMN. Dengan langkah ini diharapkan terjadi peningkatan dan pemerataan kesejahteraan", ujar Direktur Utama Jasa Tirta II U. Saefudin Noer.

Program Konservasi Sungai dengan Biogas yang berbuah penghargaan internasional, selain memberikan dampak pada peningkatan kualitas air sungai Citarum, juga dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi para peternak. Peternak telah mendapatkan manfaat dari biogas yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak dan untuk penerangan.

Lomba Perahu Layar di Waduk Jatiluhur didukung  kualitas yang terus dijaga oleh PJT2.
Lomba Perahu Layar di Waduk Jatiluhur didukung kualitas yang terus dijaga oleh PJT2.

“Petani sapi mendapat keuntungan berupa penghematan karena konversi dari LPG ke biogas, juga pupuk dan hasil ternak cacing dari bio-slurry. Jadi masyarakat terlibat dalam pemeliharaan sumber daya air dan menciptakan kedaulatan energi,” ucap Saefudin.

Terkait penghargaan ASEAN Energy Awards, Saefudin mengatakan pihaknya berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung program konservasi sungai dengan biogas. Ia berharap program konservasi terus dikembangkan lebih luas lagi.

Seperti diketahui, Jasa Tirta II (PJT2) berhasil menyabet penghargaan internasional pada ajang ASEAN Renewable Energy Project Award 2019 di Bangkok, Thailand, Rabu (4/9/2019). Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas komitmen PJT2 dalam menata dan mengelola Sumber Daya Air sebagai sumber kehidupan, termasuk melalui program konservasi sungai melalui aplikasi biogas yang berasal dari kotoran hewan.

Program konservasi bertajuk “Project River Conservation with Renewable Energy” (Biogas kotoran sapi) dikembangkan PJT2 bersama Yayasan Rumah Energi. Terobosan ini diganjar penghargaan “2nd Runner Up” untuk kategori “Thermal Off-grid Renewable Energy”. Gagasan ini menjadi satu-satunya proyek EBT dari Indonesia yang mendapat penghargaan pada ajang tersebut.

Selain mendorong terciptanya ketahanan air dan ketahanan energi, PJT2 juga mengangkat potensi pariwisata di kawasan Waduk Jatiluhur. Setelah menggelar event "The 1st Jatiluhur Stand Up Paddle and Kayak Exhibition 2019” pada pertengahan Juli, akan menyusul event musik, Jatiluhur Jazz Festival yang diagendakan pada akhir Oktober 2019.

Sunset di Jatiluhur, momen keindahan yang kini jadi salah satu daya tarik wisata
Sunset di Jatiluhur, momen keindahan yang kini jadi salah satu daya tarik wisata

Seiring  dengan pelaksanaan sejumlah event, PJT2 juga terus melakukan sejumlah pembenahan untuk mengangkat potensi wisata Jatiluhur. Hotel dan penginapan di sekitar Jatiluhur terus ditata. Area sekitar waduk, selain rutin dibersihkan juga ditata pemanfaatannya. “Setelah ditata, kita akan terus mengembangkan potensi olahraga air sebagai bagian dari pengembangan pariwisata di Waduk Jatiluhur,” tutup Saefudin Noer.

 

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN

REKOMENDASI UNTUK ANDA