Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Kegiatan di pabrik Dharma Polimetal. Foto: Dok Dharma Group

Kegiatan di pabrik Dharma Polimetal. Foto: Dok Dharma Group

Pertumbuhan Dharma Polimetal (DRMA) Pesat, Seberapa Pesat Harga Sahamnya Naik?

Selasa, 21 Juni 2022 | 08:55 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) memiliki potensi pertumbuhan kinerja yang pesat ke depan. Hal ini didukung efisiensi biaya yang bagus dengan penggunaan teknologi tinggi.

Perseroan juga memproduksi suku cadang kendaraan bermotor dengan kualitas baik yang menjadikan pemesanan produknya cenderung meningkat, seiring dengan peningkatan permintaan otomotif di Tanah Air. Dharma Polimetal juga didukung penambahan kapasitas produksi.

Baca juga: Bisnis Electric Vehicle Cerah, Dharma Polimetal (DRMA) Genjot Produksi

Hal ini mendorong RHB Sekuritas untuk mempertahankan rekomendasi beli saham DRMA dengan target harga Rp 900. Target harga tersebut juga mempertimbangkan tren pertumbuhan kinerja keuangan ke depan.

Dharma Polimetal merupakan produsen suku cadangan kendaraan bermotor yang sebagian besar produknya digunakan Toyota, Honda Motor, dan Hyundai. Perseroan memiliki pabrik di Cikarang dan Cirebon.

Perseroan memiliki dua lokasi pabrik, yaitu pabrik di Cikarang memproduksi suku cadangan kendaraan roda empat dan roda dua, seperti frame bodies, steering hanger beams, fasteners, dan lain-lain. Pabrik tersebut juga memproduksi suspensi untuk Hyundai. Sedangkan pabrik di Cirebon dispesialisasikan untuk memproduksi wiring haness.

Analis RHB Sekuritas Hasbie dan Willinoy Sitorus mengungkapkan, berdasarkan hasil pengamatan Dharma merupakan pabrik suku cadang kendaraan bermotor dengan tingkat efisiensi yang baik dan memproduksi suku cadang berkualitas. Hal ini membuat perseroan mendapatkan pemesanan tambahan suku cadang dari Hyundai untuk mobil yang bakal diluncurkan pada semester II tahun ini.

Dharma juga sedang membangun pabrik baru yang bertujuan peningkatan kapasitas produksi. “Perlu dicatat bahwa pabrik Dharma Polimetal di Cikarang didukung dengan teknologi baru dan kapasitas mesin yang besar, sehingga pabrik ini hanya membutuhkan tenaga kerja yang sedikit, dibandingkan dengan pabrik di Cirebon. Hal ini menjadikan pabrik tersebut sangat efisien,” tulis Hasbie dan Willinoy dalam risetnya. 

Baca juga: Dharma Polimetal (DRMA) Tambah Modal Anak Usaha

Selain pemanfaatan teknologi, Dharma Polimetal menerapkan strategi dengan memindahkan produksi wiring harness ke pabrik di Cirebon untuk efisiensi. Sebab, produksi wiring harness membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak. Perseroan menerapkan otomatisasi proses produksi wiring harness di pabrik Cirebon guna mengurangi ketergantungan tenaga kerja dalam jumlah banyak dan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Adapun target harga DRMA yang sebesar Rp 900 per saham mengimplikasikan perkiraan PE perseroan tahun 2023 sekitar 11,6 kali. Target tersebut juga mempertimbangkan ekspektasi lonjakan laba bersih menjadi Rp 362 miliar tahun 2022, dibandingkan realisasi thun 2021 senilai Rp 301 miliar. Pendapatan perseroan juga diproyeksikan bertumbuh pesat menjadi Rp 3,62 triliun pada 2022, dibandingkan tahun sebelumnya Rp 2,91 triliun.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN