Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ace Hardware di Mataram

Ace Hardware di Mataram

Kinerja Direvisi Turun, Begini Prospek Saham Ace Hardware (ACES)

Rabu, 3 Agustus 2022 | 13:15 WIB
Parluhutan Situmorang (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) menunjukkan performa yang mengecewakan sepanjang semester I-2022. Hal ini terefleksi dari penurunan pendapatan dan laba bersih perseroan. Penurunan ini juga telah berimbas terhadap koreksi harga saham ACES dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data laporan kinerja keuangan, laba bersih Ace Hardware turun sebanyak 12,5% dari Rp 242 miliar menjadi Rp 277 miliar. Begitu juga dengan penjualan turun sekitar 2,6% dari Rp 3,39 triliun menjadi Rp 3,30 triliun.

Baca juga: ACE Hardware (ACES) Buka Gerai Keenam di Yogyakarta

Analis Ciptadana Sekuritas Robert Sebastian mengatakan, realisasi kinerja keuangan Ace Hardware tersebut di bawah ekspektasi Ciptadana dan konsensus analis. Tiga indikator utama yang menjadi sorotan adalah penurunan penjualan, penurunan margin kotor, dan berimbas terhadap pelemahan laba bersih.

Penurunan penjualan kemungkinan dipengaruhi atas peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron dan sub varian BA.4 dan BA.5 yang berlanjut hingga akhir kuartal II-2022. Hal ini berimbas terhadap penurunan tingkat mobilitas warga. Pelemahan keuntungan dipengaruhi penurunan penjualan bersamaan dengan peningkatan biaya gaji karyawan akibat pembagian tunjangan hari raya.

Sedangkan penambahan gerai baru, dia mengatakan, perseroan berhasil membua empat gerai baru di Tangerang, Palembang, Lombok, dan Magelang. Pembukaan gerai baru tersebut masih sesuai harapan dengan target realisasi sebanyak 10 gerai baru tahun ini.

“Dengan penurunan laba bersih hingga berada di bawah perkiraan, kami memilih untuk menurunkan target kinerja keuangan dan harga saham ACES tahun ini. Meski demikian saham ACES masih direkomendasikan beli dengan target harga Rp 990 per saham,” terangnya.

Baca juga: Juli, Ace Hardware (ACES) Kirim Dividen Rp 20,59 per Saham, Simak Rinciannya!

Adapun target laba bersih perseroan tahun ini direvisi turun dari Rp 704 miliar menjadi Rp 563 miliar. Proyeksi penjualan masih dipertahankan di level Rp 6,95 triliun tahun ini. Pemangakasan target laba bersih, seiring dengan ekspektasi margin keuntungan bersih lebih rendah tahun ini menjadi 81,%, dibandingkan perkiraan semula mencapai 10,1%.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN