Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso.

BRI Terus Cari Sumber Pertumbuhan Baru di Segmen UMKM

Kamis, 18 Februari 2021 | 13:25 WIB
Herman

Jakarta, investor.id – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso menegaskan, BRI berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). BRI akan terus mencari sumber pertumbuhan baru di segmen UMKM, terutama segmen mikro yang menjadi fokus bisnis perseroan. Ke depan, BRI bahkan menyentuh segmen yang lebih kecil lagi, yakni ultra mikro.

Berdasarkan data riset Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, pada tahun 2018, terdapat 57 juta usaha UMKM di Indonesia, di mana 30 juta di antaranya belum mendapat akses pendanaan formal. Dari 30 juta yang belum mendapatkan akses pendanaan formal tersebut, 5 juta di antaranya masih mendapatkan sumber pendanaan dari rentenir.

Menurut Sunarso, di BRI saat ini terdapat 10,2 juta nasabah mikro, di mana 93% di antaranya masih merupakan kategori ultra mikro. Jumlahnya mencapai 9,5 juta dan outstanding kredit sebesar Rp 205 triliun.

“BRI menyadari, untuk memberdayakan dan mengembangkan segmen ultra mikro tersebut dibutuhkan teknologi dan digitalisasi, agar BRI dapat melayani masyarakat sebanyak-banyaknya, dengan biaya semurah mungkin,” kata Sunarso dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (18/2/2021).

Menurut Sunarso, hal tersebut dapat dicapai dengan cara go smaller, go shorter and go faster. Go shorter artinya tenor yang pendek-pendek sesuai dengan kebutuhan nasabah. Kemudian prosesnya harus dipercepat atau go faster melalui digitalisasi, dan pada akhirnya kita bisa memberikan layanan kepada nasabah-nasabah UMKM sebaik mungkin dengan biaya murah,” kata Sunarso.

 

 

Editor : Esther Nuky (esther@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN