Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Foto: Perseroan.

PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Foto: Perseroan.

Digital Mediatama Maxima Raih Lonjakan Pendapatan Hingga 270,4%

Rabu, 21 Oktober 2020 | 11:40 WIB
Muhammad Ghafur Fadila

JAKARTA, investor.id - PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) berhasil membukukan kinerja positif dengan memperoleh peningkatan pendapatan mencapai 270,4% menjadi Rp 347,6 miliar pada periode Januari hingga September 2020. Ekspansi pada  segmen cloud advertising dan trade marketing jadi faktor utama.

Dalam publikasinya, manajemen Digital Mediatama Maxima menjelaskan, segmen Digital Cloud Advertise perseroan menghasilkan pertumbuhan top-line sebesar 57,8% secara tahunan menjadi Rp 71,5 miliar. Pencapaian ini sebagian besar berasal dari aktivitas penyebaran layar yang berkelanjutan.

“Pada akhir September 2020, perseroan telah memasang 12.823 layar atau naik 103,8% dibandingkan tahun lalu dengan mencakup 9.373 titik,” papar manajemen dalam keterangan resmi, Rabu (21/10).

Kemudian dari segmen Trade Marketing Digital Mediatama tercatat tumbuh 467,8% menjadi Rp 275,5 miliar yang disebabkan oleh peningkatan jumlah anggota gerai Pojok Bayar sebesar 57,1% menjadi 74.078 pada akhir September lalu. Hal yang sama juga terjadi pada laba kotor dan operasi yang masing-masing naik 97,8% dan 87,7%.

“Didukung dengan ekspansi yang kuat, selama pandemi kami mempertahankan ketahanan profitabilitas dengan margin laba kotor tetap kuat di 10,4%. Margin laba operasi mencapai 5,2%, turun dibandingkan dengan kuartal pertama 2020 yakni 5,7%,” papar manajemen.

Lebih lanjut manajemen menjelaskan, pada periode 9 bulan ini Digital Mediatama mengantongi untung Rp 24,8 miliar, terkerek hingga 235,7% secara tahunan. Perseroan mempertahankan posisi keuangan yang kuat dengan posisi kas bersih yang dimiliki perseroan tercatat Rp 174,1 miliar. Sedangkan total aset perseroan hingga saat ini sebanyak Rp 787,1 miliar.

“Dengan posisi kas bersih yang kuat memberikan banyak ruang untuk membiayai upaya ekspansi jaringan titik  iklan yang terus berlanjut,” papar manajemen.

Bentuk Anak Usaha 
Sebelumnya, perluasan jaringan bisnis dilakukan emiten berkode saham DMMX itu dengan membentuk anak usaha yang bernama PT DMMX Media Maxima (DMMX Media). Anak usaha tersebut fokus pada bisnis konten digital.

Pendirian anak usaha tersebut merupakan langkah lanjutan dari joint venture perseroan dengan PT Bumilangit Entertainment Corpora (Bumilangit). DMMX Media ke depan akan berpartisipasi secara strategis dalam proyek film Bumilangit yang akan datang, yaitu Bumilangit Cinematic Universe Chapter 1 (BCU). 

Adapun dari keseluruhan rencana film Bumilangit, DMMX Media akan berpartisipasi pada empat film yang akan diproduksi dalam waktu dekat. 

Direktur Utama Digital Mediatama Maxima Budiasto Kusuma mengungkapkan, anak usaha perseroan akan fokus pada bisnis konten digital, seiring dengan potensi pertumbuhan konten digital yang luar biasa dalam sinerginya pada platform periklanan perseroan. Sedangkan perseroan sebagai induk usaha akan terus fokus pada bisnis periklanan digital. 

“Kami berharap dapat memberikan strategi pemasaran yang lebih inovatif kepada mitra kami yang akan lebih melibatkan target audiens mereka. Dengan melakukan itu, kami berharap Advertising Exchange Hub kami mendapatkan daya tarik yang lebih baik dari mereka,” paparnya.

Editor : Esther Nuky (esther@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN