Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Virtual conference Economic Outlook 2021 hari ketiga sesi I dengan tema Outlook Pariwisata 2021, live streaming di Beritasatu TV, Kamis (26/11/2020). Acara ini hasil kerjasama Berita Satu Media Holdings dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Hotel Tentrem.

Virtual conference Economic Outlook 2021 hari ketiga sesi I dengan tema Outlook Pariwisata 2021, live streaming di Beritasatu TV, Kamis (26/11/2020). Acara ini hasil kerjasama Berita Satu Media Holdings dengan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Hotel Tentrem.

KE PARIS HINGGA ISTANBUL

Dukung Kebangkitan Pariwisata, Garuda Siap Buka Sejumlah Rute Internasional

Kamis, 26 November 2020 | 17:48 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

Jakarta, investor.id - Maskapai Garuda Indonesia berkomitmen mendukung pemulihan industri pariwisata pada tahun depan, dengan membuka sejumlah rute penerbangan langsung internasional.

Selain itu, operator penerbangan pelat merah tersebut, dalam mengoperasikan rute-rute penerbangan internasionalnya, nantinya lebih fokus untuk mendatangkan wisatawan luar negeri ke Tanah Air.

Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia Ade R Susardi mengungkapkan, jumlah penerbangan internasional Garuda masih lebih rendah dibandingan dengan penerbangan domestiknya. Pada tahun lalu, perbandingan penerbangan internasional hanya 30% dan penerbangan domestik 70%.

"Ke depan, untuk penerbangan internasional, kami akan buat lebih banyak direct. Jadi, kami tidak transit karena kami punya beberapa pesawat berbadan lebar, seperti Boeing 777 yang bisa terbang 14-15 jam," kata Ade dalam Webinar Outlook Pariwisata 2021 yang diselenggarakan BeritaSatu Media Holdings, Kamis (26/11).

Paris Hingga Istanbul
Dia menambahkan, ada beberapa kota di dunia yang tengah dikaji Garuda untuk terbang langsung ke sana, seperti Paris, New Delhi, dan Istanbul. Selain itu, Garuda mendalami pembukaan rute penerbangan langsung Denpasar - Amsterdam. 

Menurut Ade, pengkajian pembukaan rute-rute baru internasional terus dilakukan Garuda di saat pandemi ini. Dengan demikian, jika saat pembatasan perjalanan internasional sudah dibuka, Garuda sudah siap untuk membuka rute-rute tersebut.

"Kami fokuskan juga ada hub internasional setelah Jakarta, yakni pasti Denpasar. Jadi mungkin nanti kami bikin Denpasar-Amsterdam atau Denpasar-India. Itu kami sudah analisis. Pada saat border-border ini dibuka, itu adalah promosi yang akan kami kerjakan," tutur Ade R Susardi.

Lebih lanjut, sebut dia, Garuda juga membuka peluang pembukaan rute penerbangan ke Amerika Serikat melalui kerja sama codeshare.

"Kami masih belum bisa dengan Boeing 777 terbang direct ke Los Angeles atau San Fransisco. Tapi, kami bisa dengan codeshare Skyteam. Kami bisa transit di Jepang untuk destinasi-destinasi tersebut, atau ke New York lewat Amsterdam dengan codeshare," imbuh Ade.

Selain itu, Garuda juga membuka peluang untuk terbang ke Moskow, Rusia. Namun, ujar Ade, penerbangan ke Moskow itu nantinya bersifat musiman, mengingat pasarnya yang masih terbatas.

"Itu semua kami coba lihat dan kelihatannya ke depan kami akan sangat aktif juga di international market. Kami juga  akan coba lakukan destinasi-destinasi dengan direct flight," papar Ade.

Dia menekankan, pembukaan rute-rute penerbangan internasional langsung itu difokuskan untuk lebih banyak membawa turis mancanegara untuk datang ke Indonesia, agar pariwisata nasional dapat bangkit.  

"Sangat penting untuk membawa wisatawan luar negeri masuk ke Indonesia dan itu menjadi tolak ukur atau KPI-nya mereka (perwakilan Garuda Indonesia di luar negeri)," papar Ade.

Editor : Esther Nuky (esther@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN