Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Email

Password

×

Nama

Email

Password

Ulangi Password

×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Aktivitas PNS DKI

Aktivitas PNS DKI

Puasa Bukan Alasan Mengurangi Pelayanan

Surat Pembaca, Kamis, 16 Mei 2019 | 13:11 WIB

Bulan puasa Ramadan bukan alasan bagi aparat sipil negara (ASN) untuk mengurangi pelayanan kepada masyarakat. Bukankah pelayanan ke masyarakat juga merupakan bagian dari ibadah? Maka, sudah semestinya bula SN juga lebih meningkatkan pelayanannya saat bulan Ramadan.

Kami sangat berharap, ASN untuk tidak mengabaikan tugas dan kewajibannya selama bulan puasa Ramadan.

Toh pemerintah sudah memberikan pengurangan jam kerja selama bulan Ramadan, yakni masuk mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB.

Jadwal kerja itu juga masih memberikan kesempatan kepada para ASN waktu istirahat mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB setiap hari kerja. Khusus untuk hari Jumat, jadwal masuk ASN mulai pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.30 WIB, dengan waktu istirahat mulai pukul 11.30 WIB hingga 12.30 WIB.

Artinya, waktu senggang saat istirahat itu juga bisa dipakai untuk melakukan ibadah dengan mengaji atau mendengarkan ceramah. Jadi, sekali lagi, kami berharap para ASN tidak melupakan tugas utamanya yakni pelayanan kepada masyarakat. Karena pada prinsipnya, para ASN harus bekerja dengan ikhlas sehingga mendapatkan keberkahan saat Ramadan.

Bukan sebaliknya, ASN lantas berdalih karena selama puasa Ramadan jam kerja dikurangi, pelayanan kepada masyarakat pun dikurangi. Kami sangat percaya, mayoritas para ASN justru menjadikan Ramadan sebagai ladang amal ibadah dengan mengoptimalkan pekerjaan. Bukan bermalas-malasan bekerja saat puasa bulan Ramadan.

Mohon jangan jadikan alasan bulan puasa Ramadan untuk bermalasmalasan kerja. Mohon pula, jangan pula karena bulan buasa kinerja tidak maksimal dan terganggu. Kami juga mengimbau ASN di lingkungan pemerintah kota/kabupaten untuk terus menjaga etos kerja, meskipun sedang berpuasa. Etos kerja dengan menunjukkan semangat dan disiplin untuk tetap melayani sebagai bentuk tanggung jawab ASN dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bulan suci Ramadan semestinya tidak menjadi halangan atau hambatan untuk meningkatkan etos kerja.

Bangkitkan terus motivasi dalam diri bahwa bekerja merupakan tanggung jawab, tidak hanya kepada pemerintah. Tetapi, juga kepada Tuhan dan rajin berbagi baik berbagi potensi, pemikiran, maupun materi.

Jika motivasi kerja kita karena Tuhan Yang Maha Kuasa dan suka berbagi, insya Allah dapat memberikan kebahagiaan dan kenyamanan dalam bekerja dan tetap semangat meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Bima Nusantara

Depok

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN