Kaesang Kembangkan Aplikasi untuk Berdayakan Ibu Rumah Tangga i

Gibran Rakabuming (kiri) dan Kaesang Pangarep (kanan).

Oleh : Herman / YUD | Rabu, 29 Agustus 2018 | 17:49 WIB

Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangerap mengembangkan sebuah aplikasi mobile yang diberi nama Madhang. Dalam menjalankan usaha barunya itu, Kaesang juga dibantu sang kakak, Gibran Rakabuming yang ditunjuk sebagai advisor.

Ditemui usai acara peluncuran Grab Ventures, Gibran menerangkan Madhang merupakan aplikasi kuliner yang dihadirkan untuk memperdayakan para ibu rumah tangga yang ingin berusaha di dunia kuliner. Di sisi lain, Madhang juga bisa memudahkan masyarakat untuk memesan makanan rumahan melalui aplikasi mobile. Dalam mengembangkan aplikasi ini, putra Jokowi bekerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

"Dengan adanya Madhang, ibu-ibu rumah tangga tidak harus membuka warung atau menyewa ruko untuk memulai usaha kuliner. Mereka bisa bekerja di dapur sendiri dan memulai usaha," terang Gibran, di Jakarta, Rabu (29/8).

Di tahap awal ini, Madhang telah memberdayakan lebih dari 5.000 ibu rumah tangga untuk menjual makanan rumahan dan menjalankan usaha kuliner dari rumah. Untuk proses pengiriman makanan yang dipesan melalui aplikasi, Madhang juga telah bekerja sama dengan Grab.

"Saat ini fokus Madhang memang masih di Semarang. Tapi ke depannya Madhang juga akan ekspansi ke kota-kota lain di Indonesia," ujar Gibran.



Selengkapnya
 
MORE STORIES