Teknologi Smarthome Jadi Kebutuhan Hunian Vertikal i

Ilustrasi rumah menggunakan teknologi smarthome untuk mematikan dan menghidupkanlampu, AC, dan sebagainya.

Oleh : Mardiana Makmun / MAR | Senin, 10 Sepember 2018 | 14:06 WIB

Jakarta- Tren tinggal di hunian vertikal yang memiliki keterbatasan ukuran ruang, mutlak membutuhkan perubahan pola pikir penghuni terhadap desain furnitur yang lebih kompak, multiguna, apik dipandang sekaligus pintar. Tren ini mau tidak mu membutuhkan teknologi smarthome yang terhubung dengan smartphone.

Menurut Head of Communications Green Pramuka City, Lusida Sinaga, untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan visi besar dari para pengembang hunian vertikal sehingga mampu mengubah perspektif penghuni agar mudah beradaptasi dengan keterbatasan ruangan hunian yang mereka tinggali.

“Ukuran hunian vertikal yang terbatas justru harus didukung oleh desain yang cantik, kompak, multiguna sekaligus pintar agar hunian tetap terasa nyaman untuk ditinggali,” tutur Lusida.

Teknologi smarthome, jelas Lusida, merupakan integrasi teknologi perangkat dalam hunian yang telah tekoneksi satu sama lain sehingga lebih mudah dipantau. Smarthome package menjadi jawaban untuk memberikan suatu kemudahan serta menjadi fasilitas pelengkap bagi para calon penghuni.

Pengembang apartemen Green Pramuka City, kata Lusida, sangat menyadari adanya kebutuhan smarthome tersebut. Teknologi ini memudahkan akses dalam mengaktifkan serta memantau hunian dari jarak jauh melalui smartphone di masa mendatang.

“Smarthome package mencakup sistem aktivasi pengatur suhu ruangan (AC), lampu, dan juga TV dari jarak jauh, sehingga ketika penghuni sedang dalam perjalanan menuju unit hunian, atau ketika lupa mematikan salah satu dari alat elektonik, sangat mudah dikerjakan hanya dengan menggunakan smartphone yang dimiliki,” paparnya.

Lusida menyontohkan tower kesembilan Green Pramuka City bertajuk Magnolia yang mulai dirilis pada Juli 2017 lalu telah dilengkapi dengan compact furnish di masing-masing unit. Pembangunan tower ini sudah rampung karena dibangun bersamaan dengan tower ke-8

Unit kesembilan Green Pramuka City ini dilengkapi furnitur yang berkonsep effective function mechanism. Konsep ini hemat ukuran, kepraktisan sekaligus memiliki banyak ruang penyimpanan sehingga kini semakin sempurna karena menjadi pintar berkat smarthome package yang menjadi tuntutan kaum milenial.

Selain memberikan kemudahan bagi penghuni, pemanfaatan smarthome package pada unit hunian turut meningkatkan pengelolaan keamanan dari seluruh apartemen adalah komunitas dari masing-masing unit yang terintegrasi.

“Dalam jangka panjang, fitur smarthome package mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk melakukan konservasi sumber daya. Melalui pengendali rumah yang terintegrasi dengan semua sub-sistem rumah untuk meningkatkan penghematan energi,” tandas Lusida.



Selengkapnya
 
MORE STORIES