Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tips memilih paket internet secara tepat. Foto ilustrasi: IST

Tips memilih paket internet secara tepat. Foto ilustrasi: IST

10 Cara Simpel Tidak Boros Kuota Internet agar Keuangan Tetap Terjaga

Senin, 16 November 2020 | 20:57 WIB
Imam Suhartadi (imam.suhartadi@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Layanan internet dari paket data seluler masih menjadi salah satu pilihan masyarakat. Selain praktis, jaringan internet dari paket data bisa dengan bebas digunakan kapan saja dan dimana saja.

Meski sering bepergian keluar rumah, pengguna paket data tetap bisa dengan mudah terhubung ke internet dengan mengaktifkan layanan tersebut di smartphone mereka. 

Namun, dibalik kemudahan dan kepraktisan tersebut, ada ongkos yang harus dibayar. Untuk layanan internet dengan kuota terbatas dan dalam jangka waktu tertentu, paket data internet bisa dihargai dengan cukup mahal. Tentunya, semakin sering Anda menggunakan layanan internet tersebut, akan semakin sering pula membeli paket data saat kuota internetnya habis. 

Alhasil, pengeluaran pun membengkak dan tanpa disadari isi dompet sudah tiris. Anda pasti tidak mau bukan, kondisi keuangan terganggu hanya untuk memenuhi kebutuhan membeli paket internet saja? Nah, untuk mengatasinya, simak 10 cara simpel tidak boros kuota internet agar keuangan tetap terjaga berikut ini. 

1. Pasang Notifikasi Peringatan Penggunaan Data Internet

Memeriksa pemakaian kuota di smartphone sebenarnya bukanlah suatu perkara yang sulit untuk dilakukan. Baik pengguna iOS atau Android, keduanya bisa dengan mudah memasang notifikasi penggunaan data internet dan membatasi penggunaannya.

Untuk di iOS, Anda dapat menuju ke menu pengaturan, cari opsi data seluler, dan atur notifikasi seputar pemakaian data internet. Sedangkan untuk pengguna Android di versi 4.0 atau lebih baru, pengecekan data internet bisa dilakukan langsung pada layar utama smartphone.

aru untuk notifikasi dan pembatasan pemakaian data internet, Anda bisa mengaturnya di menu Pengaturan, menuju opsi Jaringan, dan aktifkan fitur yang ingin digunakan. 

2. Gunakan Wi-Fi saat Memungkinkan

Layanan internet dari paket data seharusnya digunakan jika Anda tidak sedang berada di rumah dan tidak mendapatkan akses Wi-Fi. Jika terdapat sinyal Wi-Fi dan bisa digunakan, maka selalu gunakan koneksi internet tersebut agar bisa lebih menghemat kuota internet. Selain itu, kualitas jaringan dari layanan internet Wi-Fi biasanya lebih baik dan stabil ketimbang paket data. 

3. Matikan Paket Data ketika Tidak Digunakan

Tak sedikit orang yang masih mengaktifkan paket data ketika sedang tidak digunakan, contohnya saat sedang tidur atau bekerja. Padahal, meski tidak digunakan, beberapa aplikasi di smartphone tetap akan menyedot kuota internet, seperti untuk memberikan notifikasi dan sebagainya. Jadi, jangan anggap sepele kebiasaan mematikan paket data saat tidak digunakan ini karena bisa menghemat kuota internet.

4. Manfaatkan Fitur Offline Mode

Tak banyak yang tahu bahwa fitur offline mode merupakan cara yang efektif untuk menghemat kuota. Dengan mengaktifkan fitur ini, berarti paket internet Anda tidak akan secara kontinyu menyedot kuota. Beberapa aplikasi yang memiliki fitur offline mode ini adalah Google Maps, Youtube, aplikasi streaming musik, dan beragam lainnya.

5. Nonaktifkan Fitur Auto Download

Hampir semua aplikasi media sosial memiliki fitur auto download pada gambar atau video yang muncul. Untuk menghemat kuota, sebaiknya nonaktifkan saja fitur ini dan pilih sendiri media atau konten yang ingin dilihat. Dengan begitu, Anda tidak akan membuang kuota untuk melihat media yang sebenarnya tidak penting dan tidak ingin dilihat. 

6. Batasi Penggunaan Internet di Sejumlah Aplikasi

Sebagian aplikasi di smartphone menyedot kuota internet lebih banyak ketimbang aplikasi lainnya. Sebagai contoh, Instagram yang mayoritas kontennya berupa gambar dan video, pasti lebih cepat menguras kuota ketimbang Twitter atau WhatsApp. Jika memungkinkan, batasi penggunaan internet di aplikasi yang boros kuota agar bisa lebih hemat. 

Bila perlu, Anda juga bisa berlangganan paket data khusus untuk aplikasi yang sering digunakan. Misalnya menggunakan paket data internet Indosat Freedom U dengan kuota khusus per aplikasi. Tidak hanya Indosat berbagai provider lain seperti XL, Telkomsel, Smartfren, dll juga menyediakan paket internet dengan kuota khusus per aplikasi.

Jadi jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan dan provider yang Anda gunakan.

7. Matikan Fitur Navigasi

Fitur navigasi atau location adalah fitur yang berguna saat Anda sedang bepergian dan mencari jalan menuju lokasi tertentu. Namun, jika dibiarkan aktif secara terus-menerus walau saat tidak digunakan, tentu kuota internet Anda akan terbuang percuma. Oleh sebab itu, kecuali memang benar-benar dibutuhkan, matikan saja fitur navigasi ini. 

8. Langganan Layanan Streaming yang Memiliki Fitur Offline

Streaming musik atau video memang dapat menggerus kuota internet dengan sangat cepat dan tidak efektif. Namun lain halnya jika Anda menggunakan layanan streaming yang memiliki fitur download atau offline. Dengan begitu, kuota hanya akan berkurang saat pertama kali mengunduh file tersebut dan Anda pun bisa memutar musik atau video tersebut sepuasnya.

9. Aktifkan Fitur Airplane Mode

Terakhir, agar pemakaian kuota internet tidak boros, Anda bisa mengaktifkan fitur Airplane Mode agar koneksi internet benar-benar terhenti sepenuhnya.

Menyalakan fitur ini bisa sangat berguna saat Anda ingin menghemat sisa kuota hingga jangka waktu tertentu. Jadi, selama mode pesawat ini aktif, Anda tidak perlu khawatir lagi kuota berkurang karena layanan internet dari paket data akan terblokir secara total. 

Mampu menghemat kuota internet tidak hanya berimbas positif pada kondisi keuangan saja, melainkan pada kondisi gawai pula.

Mengaktifkan paket data dalam waktu yang lama dapat membuat smartphone lebih panas dan baterai lebih cepat habis. Nah, dengan bijak menggunakan paket data, keuangan menjadi lebih stabil, kinerja smartphone tetap terjaga, dan memperpanjang usia baterai. 


 



 

Editor : Imam Suhartadi (imam_suhartadi@investor.co.id)

BAGIKAN