Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Jutaan Akun Instagram Telah Diretas

Selasa, 5 September 2017 | 14:57 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

JAKARTA – Peretas dikabarkan telah mencuri informasi pribadi dari jutaan akun Instgram, antara lain data alamat email dan nomor kontak pengguna. Kesalahan pada program perangkat lunak atau keras (bug) dituding sebagai penyebab utama yang memungkinkan peretas dengan mudah mencuri data pribadi tersebut.


Advertisement

Bug lazim disebut sebagai kesalahan pada komputer/perangkat pintar, baik yang disebabkan oleh perangkat lunak maupun perangkat keras, sehingga komputer tidak bekerja dengan semestinya. Dilansir dari laman The Verge, Jumat (1/9) pekan lalu, bahwa kejadian bug telah membuka informasi kontak pengguna dan berdampak lebih jauh pada kemungkinan lebih banyak lagi jumlah akun yang diretas.


Awalnya, pada pekan lalu, Instagram telah berusaha untuk memperbaiki masalah tersebut menyampaikan bahwa peretasan terbatas pada pemegang akun yang terverifikasi. Namun, belakangan, pengguna yang tidak diverifikasi juga sudah terpengaruh.


Beberapa jam setelah peretasan tersebut terungkap, peretas membuat database yang dapat dicari dengan nama Doxagram. Hal itu memungkinkan pengguna untuk mencari informasi kontak korban dengan bayaran US$ 10 untuk per pencarian.


Peretas disebut menyediakan daftar 1.000 akun yang mereka katakan tersedia untuk dicari di Doxagram, dan daftar tersebut mencakup 50 akun yang paling banyak diikuti (selebritas/pesohor) di Instagram. Instagram tidak menyebut berapa banyak akun yang terpengaruh, namun mengatakan, "Persentasenya sedikit dari keseluruhan jumlah akun Instagram," seperti dikutip dari The Verge.


Saat ini, ada lebih dari 700 juta akun Instagram yang aktif. Sedangkan peretas mengatakan bahwa mereka memiliki informasi 6 juta pengguna. Namun, Instagram juga menegaskan, kata sandi (password) pengguna tidak terekspos dalam peretasan tersebut.


Doxagram pun kini dilaporkan telah offline. Tidak jelas, apakah platform tersebut akan kembali online untuk mengangguk keuntungan. Belum diketahui, apakah hal itu akibat dari langkah Instagram yang menutup situs tersebut.


Namun, meski situs tersebut telah ditutup, informasi kontak untuk puluhan selebritas dunia kabarnya telah bocor. Sebuah firma keamanan dunia maya bernama RepKnight mengatakan telah menemukan informasi kontak sejumlah selebritas.


Beberapa nama aktor/aktris yang dibobol akunnya, yakni Emma Watson, Emilia Clarke, Zac Efron, Leonardo DiCaprio, Channing Tatum. Musisi Harry Styles, Ellie Goulding, Victoria Beckham, Beyoncé, Lady Gaga dan Rihanna, Taylor Swift, Katy Perry, Adele, Snoop Dogg, dan Britney Spears. Sedangkan nama atlet juga masuk di dalamnya, yakni Floyd Mayweather, Zinedine Zidane, Neymar, David Beckham, dan Ronaldinho.


Bagi selebritas dan pengguna dengan akun terverifikasi lainnya, peretasan itu bisa berarti bahwa mereka harus mengganti nomor telepon, alamat email, atau keduanya. Sebab, peretasan dan pencurian data tersebut dapat menjadi jalan awal untuk masuk ke akun Instagram.


Hal itu pun telah terjadi pada akun penyayi Selena Gomez, pengguna yang paling banyak diikuti di Instagram. Akunnya sempat diretas pada Senin (28/8) pekan lalu, kemudian digunakan untuk mem-posting foto bugil mantan pacarnya, yakni penyanyi Justin Bieber. (lm)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN